TUGAS 1
MEDIA PENDIDIKAN
Topik
IMPULS DAN MOMENTUM
OLEH :
PHATA NABHANI
13820 / 2009
PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMKN ...
Mata Pelajaran : FISIKA
Kelas / Semester : II / I
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 30 menit
Kompetensi Dasar : Menghitung Impuls dan momentum
Indikator
a. Siswa mengetahui pengertian impuls dan momentum
b. Siswa mengetahui rumus untuk mencari impuls dan momentum.
c. Siswa dapat menggunakan rumus tersebut untuk mencari impuls dan omentum yang terjadi.
I. Materi Ajar
a. Pengertian Impuls dan Momentum
b. Rumus impuls dan Momentum
c. Hubungan antara Impuls dan Momentum.
II. Metode pembelajaran
a. Ceramah
b. Diskusi
c. Latihan langsung.
III. Langkah-langkah pembelajaran
A. Kegiatan Awal
Mempersiapkan siswa untuk belajar
1. Pertanyaan
a. Tahukah saudara apa itu Impuls dan Momentum?
b. Mengapa perlu mempelajari tentang Impuls dan momentum?
2. Motivasi Siswa
a. Menulis judul
b. Menjelaskan manfaat materi ajar yang akan dipelajari dan kaitannya dengan materi sebelumnya.
B. Kegiatan Inti
Pengembangan materi :
a. Menjelaskan pengertian impuls dan momentum.
b. Melakukan perhitungan sederhana dengan mempergunakan rumus
impuls dan momentum.
C. Kegiatan Akhir
1. Mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah disampaikan.
2. Menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
3. Menutup pelajaran.
IV. Evaluasi
A. Pengetahuan
Kemampuan siswa menjawab pertanyaan dan mengerjakan latihan yang diberikan. Contoh pertanyaan dan jawaban:
a. Sebutkan satuan Impuls?
Jawaban :
ü N.s
B. Menyuruh siswa mengerjakan soal .
V. Media dan sumber bacaan
1. Media pengajaran:
a. Papan tulis.
2. Sumber bacaan:
- Modul Fisika dasar (untuk kelompok menengah kejuruan dan teknologi
industri)
VI. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
No | Waktu (menit) | Kegiatan | Metode | Evaluasi | |
Guru | Siswa | ||||
1 2 3 4 | 2 10 15 3 | Membuka pelajaran dan menyiapkan siswa Menjelaskan pengertian impuls dan momentum. Melakukan perhitungan sederhana Menutup pelajaran | Mendengarkan Mendengarkan dan memperhatikan Memperhatikan dan terlibat langsung dalam pengerjaan soal. mendengarkan | Ceramah dan tanya jawab Ceramah dan tanya jawab demonstrasi ceramah dan tanya jawab | - tanya jawab di kelas - praktik langsung |
LEMBAR INFORMASI
Mata pelajaran : FISIKA
Pokok bahasan : Impuls dan Momentum
Sub pokok bahasan : Menerapkan konep Impuls dan Momentum.
Tujuan Instruksional Umum :
Setelah diberikan pelajaran mengenai Impuls dan momentum diharapkan siswa mengetahui, memahami dan mengerti dengan apa itu impuls dan momentum serta hubungan antara keduanya.
Tujuan Instruksional Khusus :
Setelah mempelajari materi impuls dan momentum siswa dapat:
1. Siswa dapat menjelaskan defenisi Impuls dan Momentum.
2. Siswa dapat mengetahui hubungan antara impuls dan momentum.
3. Siswa dapat mempergunakan rumus impuls dan momentum.
Ringkasan Materi
IMPULS
Jika sebuah benda mengalami perobahan kecepatan aka harus ada penyebab perobahaan kecepatan itu.Dalam Fisika, penyebab perobahan kecepatan itu disebut Impuls ,yang diberi simbol I.
Impuls adalah hasil antara gaya dengan waktu ( lamanya) gaya tersebut bekerja, dirumuskan:
I = F. t Dimana: I = Impuls (N.s)
F = Gaya (N)
t = Waktu (s)
Impuls juga termasuk besaran vektor dengan arah sejajar dengan arah gaya. Satuan Impuls dalam SI adalah Newton sekon (N.s)
MOMENTUM
Momentum adalah hasil perkalian antara massa dengan kecepatan ,karena massa merupakan besaran skalar, sedangkan kecepatan merupakan besaran vektor, maka momentum termasuk besaran vektor yang arahnyaditentukan oleh arah kecepatannya.
Momentum dirumuskan:
p = m.v p = momentum (kg.m/s)
m = massa benda (kg)
v = kecepatan (m/s)
Hubungan Antara Impuls dan Momentum
Hubungan antara impuls dan momentum dapat dinyatakan dengan persamaan
Impuls = Perobahan momentum
I = ∆ p
F.t = m.∆v → ∆v = v2 – v1
Rumus : F.t = m (v2 – v1 )
F.t = m.v2 – m.v1 F = Gaya (N)
t = waktu (s)
m = massa (kg)
v1 = kecepatan mula- mula (m/s)
v2 = kecepatan akhir (m/s)
∆v = perobahan kecepatan (m/s)
Contoh perhitungan :
- Sebuah benda dengan massa 1,5 kg bergerak dengan kecepatan 6 m/s , dalam waktu 0,08 sekon dihentikan oleh gaya , berapakahgaya yang dapat menghentian benda tersebut?
Diketahui: m = 1.5 kg
∆v = 6 m/s
t = 0.08 s
Ditanya : F .....?
Jawab : F.t = m.∆v
F. 0.08 s = 1.5 kg.6 m/s
F = 9 : 0.08
F = 900:8
F =112.5 N
1 komentar:
thanks ^_^
Posting Komentar