<a href="http://www.clock4blog.eu">clock for blog</a><a href="http://www.clock4blog.eu">calendar widget for blog</a>

ShoutMix chat widget

Senin, 12 Desember 2011

SILABUS Melaksanakan Penanganan Material Secara Manual

SILABUS


 


 


 

Satuan Pendidikan        : SMK Negeri 1 Padang

Mata Pelajaran        : Melaksanakan Penanganan Material Secara Manual

Kode Kompetensi        : 014 KK 01

Kelas / Semester        : X / 1

Alokasi Waktu        : 36 x 45 menit

Standar Kompetensi        : Melaksanakan penanganan material secara manual


 

KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

KKM

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

( Tatap Muka )

PT

( Penugasan Terstruktur )

KMTT

(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur)

  1. Mengangkat material secara manual


 

  • Kontruksi, prinsip kerja dan fungsi pesawat angkat
  • Kontruksi, prinsip kerja dan fungsi pesawat angkut
  • perhitungan gaya,momen dan kopel


 

  • Jenis dan cara kerja pesawat angkat
  • Jenis dan cara kerja pesawat angkut
  • Pengertian jenis jenis gaya
  • Menyusun dan menguraikan gaya

    Menghitung momen kopel


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas mengangkat material secara manual


 


 


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 

  • Jenis dan cara kerja pesawat angkat
  • Jenis dan cara kerja pesawat angkut
  • Pengertian jenis- jenis gaya
  • Menyusun dan menguraikan gaya
  • Menghitung momen kopel


 

75


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan


 


 


 

8X(2X45')


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Modul 014 KK 01
  • Buku paket


     


     


     

  1. Menggerakkan / mengganti material secara manual


 

  • Mentransformasikan material secara manual
  • Mentransformasikan penggantian material secara manual menurut standar industri


 

  • Menginterpretasikan cara menggerakkan / mengganti material secara manual menurut standar industri
  • Mengidentifikasi menggerakkan / mengganti material secara manual menurut standar industri
  • Melakukan dan menggerakkan / mengganti material secara manual menurut standar industri


 


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas menggerakkan / mengganti material secara manual


 

  • Praktek Industri


 

  • Penggantian material secara manual menurut standar industri


     


     

75


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan


 

8x(2x45')


 

  • Modul 014 KK 01
  • Buku paket


     


     


     


     


     


     


     


     


 


 


 


 

SILABUS


 


 

Satuan Pendidikan        : SMK Negeri 1 Padang

Mata Pelajaran        : Menggunakan Peralatan Pembandingan dan / atau Alat Ukur Dasar

Kode Kompetensi        : 014 KK 02

Kelas / Semester        : X / 1

Alokasi Waktu        : 40 x 45 menit

Standar Kompetensi        : Menggunakan peralatan pembandingan dan / atau alat ukur dasar


 

KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

KKM

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

( Tatap Muka )

PT

( Penugasan Terstruktur )

KMTT

(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur)

1 Menjelaskan cara penggunaan peralatan pembandingan atau alat ukur dasar


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Pengidentifikasian prosedur pengesetan peralatan pembanding
  • Pengidentifikasian spesifikasi peralatan yang akan diset
  • Pengidentifikasian perkakas dan peralatan yang digunakan untuk mengeset peralatan pengukur pembanding
  • Penerapan prosedur pengesetan menggunakan alat ukur


 


 

  • Mengidentifikasi prosedur pengesetan peralatan pembanding
  • Mengidentifikasi spesifikasi peralatan yang akan diset
  • Mengidentifikasi perkakas dan peralatan yang digunakan untuk mengeset peralatan pengukur pembanding
  • Mengeset peralatan pengukur pembanding
  • Mengeset penggunaan alat ukur


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas tentang cara penggunaan peralatan pembandingan atau alat ukur dasar


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Peralatan diset menurut spesifikasi dengan manufaktur atau prosedur operasi standar dan teknik-tekniknya


 


 


 


 


 


 


 

75


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan


 


 


 


 


 

4x(2x45')


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Alat ukur
  • Modul 014 KK 02


     


 


 


 


 


 


 


 


 


 

2 Menggunakan peralatan pembandingan dan / atau alat ukur dasar


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. Memelihara peralatan pembandingan dan / atau alat ukur dasar


 

  • Pengukuran dengan berbagai peralatan pengukur mekanis presisi
  • Pemilihan jenis alat ukur presisi yang sesuai dengan benda kerja yang diukur
  • Pengukuran benda kerja dengan posisi dan metode yang benar
  • Pengukuran benda kerja dengan akurasi pengukuran terkecil
  • Penginterpretasian hasil pengukuran mekanis


 


 


 


 

  • Menyimpan dan pemeliharaan alat-alat ukur
  • Pemeriksaan dan kalibrasi alat-alat ukur


 

  • Melakukan pengukuran benda kerja dengan posisi dan metode yang benar
  • Menginterpretasi hasil pengukuran mekanis
  • Mengukur dengan berbagai peralatan pengukur mekanis presisi
  • Memilih jenis alat ukur presisi yang sesuai dengan benda kerja yang diukur
  • Mengukur benda kerja dengan posisi dan metode yang benar
  • Mengukur benda kerja dengan akurasi pengukuran terkecil


 


 


 

  • Memahami cara merawat dan menyimpan alat-alat ukur sesuai spesifikasi dan prosedur
  • Menyimpan dan memelihara alat-alat ukur
  • Memeriksa alat -alat ukur
  • Mengkalibrasi alat-alat ukur


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas menggunakan peralatan pembandingan dan/atau alat ukur dasar


 


 


 


 


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas memelihara peralatan pembandingan dan/atau alat ukur dasar


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Praktek Industri


 

  • Peralatan presisi yang tepat untuk memperoleh hasil yang dibutuhkan dapat dipilih
  • Teknik pengukuran yang benar dan tepat dapat dilakukan
  • Pengukuran secara akurat sampai graduasi terkecil dari suatu instrumentasi dapat dilaksanakan
  • Hasil pengukuran diinterpretasi secara benar dan akurat
  • Alat ukur dasar digunakan sesuai dengan fungsinya
  • Alat ukur dasar dibaca sesuai dengan tingkat ketelitiannya


 

  • Perawatan rutin dan penyimpanan alat dilakukan sesuai dengan spesifikasi pabrik pembuatan atau prosedur operasi standar
    • Penyetelan rutin terhadap alat-alat misalnya menyetel ke titik nol dapat dilakukan dan diperiksa

75


 


 


 


 


 


 


 


 

75


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan
  • Praktek : Job Sheet


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan
  • Praktek : Job Sheet


 

10x(2x45')


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

2x(2x45')


 

  • Modul 014 KK 02
  • Alat ukur
  • Benda kerja


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     

  • Alat ukur
  • Modul 014 KK 02


 

Mengetahui,                                            Padang, Mei 2011    

Kepala Sekolah                Mardanus, S.Pd,                Ka.Prodi Teknik Pemesinan                Guru mata Diklat

    


 

Drs.Syofrizal,B.MT                Mardanus, S.Pd                Drs. Bakhtazar Said                     Danu Irianto,S.Pd

NIP.19620405 198903 1 008            NIP. 19660409 199103 1 009            NIP. 19540722 197803 1 002                NIP.19661226 199303 1 004


 


 


 


 


 

SILABUS


 


 

Satuan Pendidikan        : SMK Negeri 1 Padang

Mata Pelajaran        : Mengukur dengan Alat Ukur Mekanik Presisi

Kode Kompetensi        : 014 KK 03

Kelas / Semester        : X / 2

Alokasi Waktu        : 40 x 45 menit

Standar Kompetensi        : Mengukur dengan alat ukur mekanik presisi


 

KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

KKM

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

( Tatap Muka )

PT

( Penugasan Terstruktur )

KMTT

(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur)

1 Menjelaskan cara penggunaan alat ukur mekanik presisi


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Pengidentifikasian prosedur pengesetan peralatan pembanding
  • Pengidentifikasian spesifikasi peralatan yang akan diset
  • Pengidentifikasian perkakas dan peralatan yang digunakan untuk mengeset peralatan pengukur pembanding
  • Penerapan prosedur pengesetan menggunakan alat ukur


 


 

  • Mengidentifikasi prosedur pengesetan peralatan pembanding
  • Mengidentifikasi spesifikasi peralatan yang akan diset
  • Mengidentifikasi perkakas dan peralatan yang digunakan untuk mengeset peralatan pengukur pembanding
  • Mengeset peralatan pengukur pembanding
  • Mengeset penggunaan alat ukur


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas tentang cara penggunaan alat ukur mekanik presisi


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Peralatan diset menurut spesifikasi dengan manufaktur atau prosedur operasi standar dan teknik-tekniknya


 


 


 


 


 


 


 

75


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan


 


 


 


 


 

4x(2x45')


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Alat ukur
  • Modul 014 KK 03


     


 


 


 


 


 


 


 


 


 

2. Mengguna kan alat ukur mekanik presisi


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

3. Memelihara alat ukur mekanik presisi


 

  • Pengukuran dengan berbagai peralatan pengukur mekanis presisi
  • Pemilihan jenis alat ukur presisi yang sesuai dengan benda kerja yang diukur
  • Pengukuran benda kerja dengan posisi dan metode yang benar
  • Pengukuran benda kerja dengan akurasi pengukuran terkecil
  • Penginterpretasian hasil pengukuran mekanis


 


 

  • Pengidentifikasian penyetelan berbagai peralatan pengukur mekanis presisi
  • Penyetelan dan perawatan berbagai peralatan pengukur mekanis presisi
  • Penerapan prosedur penyimpanan peralatan pengukur mekanis presisi
  • Pengidentifikasian spesifikasi peralatan pengukur mekanis presisi


 

  • Melakukan pengukuran benda kerja dengan posisi dan metode yang benar
  • Menginterpretasi hasil pengukuran mekanis
  • Mengukur dengan berbagai peralatan pengukur mekanis presisi
  • Memilih jenis alat ukur presisi yang sesuai dengan benda kerja yang diukur
  • Mengukur benda kerja dengan posisi dan metode yang benar
  • Mengukur benda kerja dengan akurasi pengukuran terkecil


 

  • Mengidentifikasi penyetelan berbagai peralatan pengukur mekanis presisi
  • Melaksanakan prosedur penyimpanan peralatan pengukur mekanis presisi
  • Mengidentifikasi spesifikasi peralatan pengukur mekanis presisi
  • Melakukan penyetelan dan perawatan berbagai peralatan pengukur mekanis presisi
  • Merawat dan menyimpan peralatan pengukur mekanis presisi sesuai dengan spesifikasinya


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas menggunakan alat ukur mekanik presisi


 


 


 


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas memelihara alat ukur mekanik presisi


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 

  • Praktek Industri


 

  • Peralatan presisi yang tepat untuk memperoleh hasil yang dibutuhkan dapat dipilih
  • Teknik pengukuran yang benar dan tepat dapat dilakukan
  • Pengukuran secara akurat sampai graduasi terkecil dari suatu instrumentasi dapat dilaksanakan
    • Hasil pengukuran diinterpretasi secara benar dan akurat


 


 

  • Peralatan pengukur disetel dan dipelihara menurut akurasi yang disyaratkan, sesuai dengan prosedur pembuatnya atau prosedur operasi standar
    • Perawatan dan penyimpanan peralatan dilakukan sesuai dengan spesifikasi manufaktur atau prosedur operasi standar

75


 


 


 


 


 


 

75


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan
  • Praktek : Job Sheet


 


 


 


 


 


 


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan
  • Praktek : Job Sheet


 

10x(2x45')


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

2x(2x45')


 

  • Modul 014 KK 03
  • Alat ukur
  • Benda kerja


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     

  • Alat pembersih
  • Almari penyimpan alat ukur


 

Mengetahui,                                            Padang, Mei 2011    

Kepala Sekolah                Mardanus, S.Pd,                Ka.Prodi Teknik Pemesinan                Guru mata Diklat

    


 

Drs.Syofrizal,B.MT                Mardanus, S.Pd                Drs. Bakhtazar Said                     Danu Irianto,S.Pd

NIP.19620405 198903 1 008            NIP. 19660409 199103 1 009            NIP. 19540722 197803 1 002                NIP.19661226 199303 1 004


 


 


 


 

SILABUS


 


 

Satuan Pendidikan        : SMK Negeri 1 Padang

Mata Pelajaran        : Menggunakan Perkakas Tangan

Kode Kompetensi        : 014 KK 04

Kelas / Semester        : X / 1 dan 2

Alokasi Waktu        : 110 x 45 menit

Standar Kompetensi        : Menggunakan perkakas tangan


 

KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

KKM

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

( Tatap Muka )

PT

( Penugasan Terstruktur )

KMTT

(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur)

  1. Menjelaskan jenis, fungsi dan cara penggunaan perkakas tangan


     

  2. Menggunakan macam-macam perkakas tangan


 

  • Pengidentifikasikan perkakas tangan
  • Pemahaman fungsi dan cara macam-macam perkakas tangan


     


     


     


     

  • Penggunaan macam-macam perkakas tangan


 

  • Mengidentifikasi macam-macam perkakas tangan
  • Memahami jenis, fungsi dan cara macam-macam perkakas tangan


 


 


 


 

  • Melaksanakan penggunaan macam-macam perkakas tangan dengan prosedur dan ketentuan yang benar
  • Menggunakan macam-macam perkakas tangan


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas tentang jenis, fungsi dan cara penggunaan perkakas tangan


     

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas menggunakan macam-macam perkakas tangan


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 

  • Jenis-jenis, fungsi dan cara penggunaan perkakas tangan


 


 


 


 


 


 

  • Perkakas tangan yang tepat menurut keperluan tugas pekerjaan dapat dipilih


 


 

75


 


 


 


 


 


 


 


 

75


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan


     


     

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan
  • Praktek : Job sheet


 

8X(4X45')


 


 


 


 


 


 


 


 

8X(4X45')


 

  • Modul 014 KK 04
  • Buku perkakas tangan


     


     


     


     


     

  • Modul 014 KK 04
  • Buku perkakas tangan
  • Alat-alat perkakas tangan


     


 

Mengetahui,                                            Padang, Mei 2011    

Kepala Sekolah                Waka Kurikulum,                Ka.Prodi Teknik Pemesinan                Guru mata Diklat

    
 


 


 

Drs.Syofrizal,B.MT                Mardanus, S.Pd                Drs. Bakhtazar Said                     Ridwan,S.Pd

NIP.19620405 198903 1 008            NIP. 19660409 199103 1 009            NIP. 19540722 197803 1 002                NIP.19591115 198903 1 002


 


 


 

SILABUS


 


 


 

Satuan Pendidikan        : SMK Negeri 1 Padang

Mata Pelajaran        : Menggunakan Perkakas Bertenaga / Operasi Digenggam

Kode Kompetensi        : 014 KK 05

Kelas / Semester        : XI / 3 dan 4

Alokasi Waktu        : 64 x 45 menit

Standar Kompetensi        : Menggunakan perkakas bertenaga / operasi digenggam


 

KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

KKM

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

( Tatap Muka )

PT

( Penugasan Terstruktur )

KMTT

(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur)

  1. Menjelaskan jenis, fungsi dan cara penggunaan perkakas bertenaga


 

  • Perkakas bertenaga yang tepat dipilih menurut keperluan tugas pekerjaan
  • Perkakas bertenaga yang tepat digunakan untuk memuat hasil yang diinginkan menurut spesifikasi pekerjaan


 

  • Identifikasi macam-macam jenis perkakas tangan bertenaga
  • Identifikasi fungsi perkakas tangan bertenaga
  • Identifikasi cara penggunaan perkakas tangan bertenaga


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas tentang jenis, fungsi dan cara penggunaan perkakas bertenaga


 


 


 


 


 


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Jenis, fungsi dan cara penggunaan perkakas bertenaga sesuai dengan spesifikasinya


 


 

75


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan


 


 


 


 


 

8X(2X45')


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Modul 014 KK 05
  • Buku paket


     


     


     


     


     


     


     


     

  1. Menggunakan macam-macam perkakas bertenaga


 

  • Prosedur keselamatan diikuti sebelum, selama dan setelah penggunaan perkakas bertenaga
  • Perkakas yang rusak dikenali sebelum, selama dan setelah penggunaannya
  • Perkakas bertenaga dirawat / diasah menggunakan teknik yang tepat sesuai dengan prosedur operasi standar
  • Semua perkakas bertenaga disimpan dengan aman ditempat yang tepat sesuai dengan prosedur yang dikeluarkan pabrik pembuat / prosedur operasi standar


     


 

  • Identifikasi teknik penggunaan perkakas tangan bertenaga
  • Identifikasi prosedur keselamatan selama dan sesudah penggunaan perkakas tangan bertenaga
  • Identifikasi teknik mengenali perkakas tangan bertenaga yang rusak
  • Identifikasi teknik merawat / mengasah perkakas tangan bertenaga
  • Teknik menyimpan perkakas bertenaga


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas menggunakan maca-macam perkakas bertenaga


 


 


 


 


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Perbaikan perkakas bertenaga yang rusak atau tidak aman digunakan sesuai dengan prosedur operasi standar
  • Perawatan / pengasahan perkakas bertenaga
  • Penyimpanan perkakas bertenaga dengan aman dan ditempat yang tepat


 


 

75


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan
  • Praktek : Job sheet


 


 


 


 


 

8X(2X45')


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Modul 014 KK 05
  • Buku paket


     


     


     


     


     


     


     


     


 

Mengetahui,                                            Padang, Mei 2011    

Kepala Sekolah                Waka Kurikulum,                Ka.Prodi Teknik Pemesinan                Guru mata Diklat

    
 


 


 


 


 

Drs.Syofrizal,B.MT                Mardanus, S.Pd                Drs. Bakhtazar Said                     Drs. H.Kamal,M.Pd

NIP.19620405 198903 1 008            NIP. 19660409 199103 1 009            NIP. 19540722 197803 1 002                NIP.19620402 198603 1 007


 


 


 


 


 


 


 

SILABUS

Satuan Pendidikan        : SMK Negeri 1 Padang

Mata Pelajaran        : Menginterpretasikan Sketsa

Kode Kompetensi        : 014 KK 06

Kelas / Semester        : X / 2

Alokasi Waktu        : 40 x 45 menit

Standar Kompetensi        : Menginterpretasikan sketsa


 

KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

KKM

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

( Tatap Muka )

PT

( Penugasan Terstruktur )

KMTT

(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur)

  1. Menyiapkan sket tangan


 


 

  • Menjelaskan peralatan sket tangan yang dipergunakan
  • Menjelaskan macam-macam sket tangan dan penggunaanya sesuai dengan standar operasi
  • Menjelaskan cara penggunaan dan perawatan alat-alat sket tangan


 

  • Menginterpretasikan informasi tentang persiapan peralatan sket tangan
  • Mengidentifikasi peralatam sket tangan
  • Melakukan uji coba peralatan sket tangan


 


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas menyiapkan sket tangan


 


 


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 

  • Persiapan penyediaan peralatan sket tangan
  • Menggunakan peralatan sket tangan
  • Merawat alat-alat sket tangan sesuai dengan standar operasional


 


 

75


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan


 


 

8X(2X45')


 


 


 


 


 


 


 

  • Modul 014 KK 06


     


     


     


     


 


 

  1. Mengartikan detil sket tangan


 

  • Penulisan huruf dan angka yang sesuai dengan standar operasional
  • Konstruksi geometris dengan garis lurus
  • Konstruksi geometris dengan garis lengkung


 

  • Menggambar macam-macam garis menurut standar operasional
  • Menggambar huruf dan angka sesuai dengan standar operasional
  • Menggambar macam-macam konstruksi geometris dengan garis lurus
  • Menggambar macam-macam konstruksi geometris dengan garis lengkung


 


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas mengartikan detil sket tangan


 

  • Praktek Industri


 

  • Menggambar garis huruf dan angka sesuai dengan standar operasional
  • Menggambar macam-macam konstruksi garis lurus dengan benar
  • Menggambar macam-macam konstruksi garis lengkung dengan benar


     


     

75


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan


 

8x(2x45')


 

  • Modul 014 KK 06


 


 


 


 

SILABUS


 

Satuan Pendidikan        : SMK Negeri 1 Padang

Mata Pelajaran        : Membaca Gambar Teknik

Kode Kompetensi        : 014 KK 07

Kelas / Semester        : X / 1

Alokasi Waktu        : 62 x 45 menit

Standar Kompetensi        : Membaca Gambar Teknik


 

KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

KKM

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

( Tatap Muka )

PT

( Penugasan Terstruktur )

KMTT

(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur)

  • Mendeskripsikan gambar teknik


     


     


     

  • Memilih teknik gambar yang benar


 

  • Mentransformasikan gambar teknik


     


     


     


     


     


     


     


     

  • Prosedur pemeriksaan dan pengesahan gambar
  • Pengidentifikasian status gambar
  • Pengidentifikasian sumber informasi yang berhubungan dengan status gambar
  • Prosedur perubahan gambar
  • Prosedur pengesahan status gambar


 

  • Menginterpretasikan gambar teknik


     


     


     


     


     


     


     


     

  • Memahami prosedur memeriksa dan mengesahkan gambar
  • Mengidentifikasi status gambar
  • Mengidentifikasi sumber informasi yang berhubungan dengan status gambar
  • Memahami prosedur perubahan gambar
  • Memahami prosedur pengesahan status gambar


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas mendeskripsikan gambar teknik


 


 


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas memilih teknik gambar yang benar


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Praktek Industri


 

  • Menjabarkan gambar teknik


     


     


     


     


     


     


     


     

  • Gambar diperiksa dan disahkan kebenarannya dengan persyaratan atau peralatan kerja
  • Status gambar diperiksa dan disahkan


 


 


 


 

75


 


 


 


 


 


 


 


 


 

75


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan


 


 


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
    • Pengamatan
    • Penugasan


 

4X(4X45')


 


 


 


 


 


 


 


 


 

4X(4X45')


 

  • Buku paket
  • Modul 014 KK 07
  • Buku alat ukur Instrumen mesin


     


     


     

  • Buku menggambar teknik sistem ISO
  • Peralatan gambar

3. Membaca gambar teknik


 

  • Pembacaan gambar pandangan
  • Pengidentifikasian jumlah benda kerja yang terdapat dalam gambar
  • Pengidentifikasian bentuk benda sesuai gambar
  • Pengidentifikasian satuan ukuran yang digunakan pada persipan gambar
  • Pengidentifikasian ukuran-ukuran dari bentuk utama benda kerja yang tercantum pada gambar
  • Pengidentifikasian tanda pengerjaan
  • Pengidentifikasian langkah pengerjaan benda sesuai gambar
  • Pengidentifikasian bahan benda kerja sesuai gambar
  • Pengidentifikasian dan pengertian simbol-simbol yang digunakan pada gambar


 

  • Mengerti cara membaca gambar pandangan
  • Mengidentifikasijumlah benda kerja yang terdapat dalam gambar
  • Mengerti cara membaca gambar pandangan
  • Mengidentifikasi bentuk benda sesuai gambar
  • Mengidentifikasi satuan ukuran yang digunakan pada persiapan gambar
  • Mengidentifikasi ukuran-ukuran dari bentuk utama benda kerja yang tercantum pada gambar
  • Mengidentifikasi tanda pengerjaan
  • Mengidentifikasi langkah pengerjaan benda sesuai gambar
  • Mengidentifikasi bahan benda kerja sesuai gambar
  • Mengidentifikasi pengertian simbol-simbol yang digunakan pada gambar


 


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas membaca gambar teknik


 

  • Praktek Industri


 

  • Komponen,rakitan atau objek dikenali sesuai dengan permintaan
  • Ukuran-ukuran diidentifikasi sesuai dengan bidang pekerjaan
  • Instruksi diidentifikasi dan diikuti sesuai dengan permintaan
  • Persyaratan material diidentifikasi sesuai dengan permintaan
  • Simbol-simbol yang digunakan pada gambar dapat dikenali pada gambar

75


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan


 

8x(4x45')


 

  • Buku menggambar teknik mesin standar ISO


 


 

Mengetahui,                                            Padang, Mei 2011    

Kepala Sekolah                    Waka Kurikulum,                Ka.Prodi Teknik Pemesinan                Guru mata Diklat

    
 


 


 


 

Drs.Syofrizal,B.MT                    Mardanus, S.Pd                Drs. Bakhtazar Said                     Yusnib,S.Pd

NIP.19620405 198903 1 008                NIP. 19660409 199103 1 009            NIP. 19540722 197803 1 002                NIP. 19610821 198303 1 003


 


 

SILABUS


 


 


 

Satuan Pendidikan        : SMK Negeri 1 Padang

Mata Pelajaran        : Menggunakan Mesin untuk Operasi Dasar

Kode Kompetensi        : 014 KK 08

Kelas / Semester        : X / 2

Alokasi Waktu        : 40 x 45 menit

Standar Kompetensi        : Menggunakan mesin untuk operasi dasar


 

KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

KKM

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

( Tatap Muka )

PT

( Penugasan Terstruktur )

KMTT

(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur)

  1. Menjelaskan cara mengeset mesin


 

  • Pengukuran dengan berbagai peralatan pengukur mekanis presisi
  • Pemilihan jenis alat ukur presisi yang sesuai dengan benda kerja yang diukur
  • Pengukuran benda kerja dengan posisi dan metode yang benar
  • Pengukuran benda kerja dengan akurasi pengukuran terkecil
  • Penginterpretasian hasil pengukuran mekanis


     


     


 

  • Melakukan pengukuran benda kerja dengan posisi dan metode yang benar
  • Menginterpretasi hasil pengukuran mekanis
  • Mengukur dengan berbagai peralatan pengukur mekanis presisi
  • Memilih jenis alat ukur presisi yang sesuai dengan benda kerja yang diukur
  • Mengukur benda kerja dengan posisi dan metode yang benar
  • Mengukur benda kerja dengan akurasi pengukuran terkecil


     


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas cara mengeset mesin


 


 


 


 


 


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Peralatan presisi yang tepat untuk memperoleh hasil yang dibutuhkan dapat dipilih
  • Teknik pengukuran yang benar dan tepat dapat dilakukan
  • Pengukuran secara akurat sampai graduasi terkecil dari suatu instrumentasi dapat dilaksanakan
  • Hasil pengukuran diinterpretasi secara benar dan akurat


 


 

75


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan


 


 


 


 


 

8X(2X45')


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Modul 014 KK 08
  • Alat ukur
  • Benda kerja


     


     


     


     


     


     


     


     

  1. Menggerakkan / mengganti material secara manual


 

  • Pengidentifikasian prosedur pengesetan peralatan pembanding
  • Pengidentifikasian spesifikasi peralatan yang akan di set
  • Pengidentifikasian perkakas dan peralatan yang digunakan untuk mengeset peralatan pengukur pembanding
  • Penerapan prosedur pengesetan menggunakan alat ukur


     


 

  • Mengidentifikasi prosedur pengesetan peralatan pembanding
  • Mengidentifikasi spesifikasi peralatan yang akan di set
  • Mengidentifikasi perkakas dan peralatan yang digunakan untuk mengeset peralatan pengukur pembanding
  • Mengeset peralatan pengukur pembanding
  • Mengeset penggunaan alat ukur


 


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas menggerakkan / mengganti material secara manual


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Peralatan diset menurut spesifikasi dengan manufaktur atau prosedur operasi standar dan teknik-tekniknya


 


 

75


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan
  • Praktek : Job sheet


 


 


 


 


 

8X(2X45')


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Modul 014 KK 08
  • Alat ukur


     


     


     


     


     


     


     


     


 

Mengetahui,                                            Padang, Mei 2011    

Kepala Sekolah                    Waka Kurikulum,                Ka.Prodi Teknik Pemesinan                Guru mata Diklat

    
 


 


 


 


 

Drs.Syofrizal,B.MT                    Mardanus, S.Pd                Drs. Bakhtazar Said                     Drs. Revomansah,M.Pd

NIP.19620405 198903 1 008                NIP. 19660409 199103 1 009            NIP. 19540722 197803 1 002                NIP.19580927 198803 1 003


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

SILABUS


 

Satuan Pendidikan        : SMK Negeri 1 Padang

Mata Pelajaran        : Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut

Kode Kompetensi        : 014 KK 09

Kelas / Semester        : XI / 3 dan 4

Alokasi Waktu        : 72 x 45 menit

Standar Kompetensi    : Melakukan pekerjaan dengan mesin bubut


 

KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

KKM

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

( Tatap Muka )

PT

( Penugasan Tersruktur )

KMTT

(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur)

  1. Memproses bentuk permukaan pendakian


     


     


     


     


     

    2. Menjelaskan teknik pengoperasian mesin bubut


 

  • Pemahaman gambar kerja dan instruksi kerja


     


     


     


     


     


     


     

  • Persiapan peralatan
  • Penyetelan peralatan
  • Penggunaan peralatan sesuai prosedur


 

  • Memahami gambar kerja dan instruksi kerja


     


     


     


     


     


     


     

  • Menyiapkan peralatan
  • Menyetel peralatan
  • Menggunakan peralatan sesuai prosedur


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas memproses bentuk permukaan pendakian


 


 


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas tentang teknik pengoperasian mesin bubut


 


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Praktek Industri


 


 

  • Gambar teknik, urutan operasi ditentukan dan memilih perkakas untuk untuk menghasilkan komponen sesuai spesifikasi dapat dipahami
  • Pekerjaan disiapkan dengan menggunakan alat-alat seperti " dial indicator " dan peralatan pembacaan " digital "


 

75


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

75


 


 


 


 


 


 


 

  • Teknik :

    Tes Tertulis

  • Bentuk Instrumen : Essay
  • Pengamatan
  • Penugasan


 


 


 

  • Teknik :

    Tes Tertulis

  • Bentuk Instrumen : Essay
  • Pengamatan
  • Penugasan


     


 


 

2x(4x45')


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

2x(4x45')


 

  • Mesin bubut
  • Alat keselamatan kerja
  • Modul 014 KK 09
  • Job sheet


 


 

  • Mesin bubut
  • Alat ukur
  • Benda kerja


 

3. Mengoperasi kan mesin bubut


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

4. Memeriksa komponen sesuai dengan spesifikasi


 


 


 

  • Kecepatan putaran mesin
  • Kecepatan potong
  • Kecepatan pemakanan
    • Penyetelan kecepatan putar, potong dan kecepatan pemakanan pada mesin
    • Pengidentifikasian peralatan cekam dan alat bantu pembubutan
    • Penggunaan alat cekam dan alat bantu pembubutan
  • Pemeriksaan komponen dan dimensi benda kerja secara visual
  • Penggunaan alat ukur untuk memeriksa komponen / benda kerja


 

  • Menyetel kecepatan putar, potong dan kecepatan pemakanan pada mesin sesuai prosedur
  • Menggunakan alat cekam dan alat bantu pembubutan yang sesuai prosedur
  • Memahami kecepatan putaran mesin
  • Menghitung kecepatan potong
  • Menghitung kecepatan pemakanan


     


     


     


     


     


     

  • Mengidentifikasi peralatan cekam dan alat bantu pembubutan
  • Menyetel kecepatan putar, potong dan kecepatan pemakanan


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas mengoperasikan mesin bubut


     


     


     


     


     


     

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas memeriksa komponen sesuai dengan spesifikasi


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Praktek Industri


     


 

  • Kecepatan putar dan kecepatan pemotongan dihitung secara matematis dan sesuai dengan bahan baku yang digunakan
  • Semua alat bantu yang ada pada mesin bubut, seperti cekam rahang tiga, cekam rahang empat, senter, pelat pembawa, penyangga, eretan melintang dan kepala lepas dapat digunakan


 

  • Komponen diperiksa untuk kesesuaian dan spesifikasi dengan menggunakan teknik, alat dan peralatan

75


 


 


 


 


 


 


 

75


 


 


 


 

  • Teknik :

    Tes Tertulis

  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan
  • Praktek : Job sheet


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Insrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan


 

10x(4x45')


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

2x(4x45')


 

  • Mesin bubut
  • Modul 014 KK 09
  • Wall Chart
  • Perlengkapan mesin bubut
  • Alat potong / pahat bubut, dll
  • Benda kerja


     


     


     


     


     

  • Bendakerja
  • Alat ukur


     


     


     


 

Mengetahui,                                            Padang, Mei 2011    

Kepala Sekolah                Waka Kurikulum,                 Ka.Prodi Teknik Pemesinan                Guru mata Diklat

    
 


 


 


 

Drs.Syofrizal,B.MT                Mardanus, S.Pd                Drs. Bakhtazar Said                     Drs. Daman Huri,M.Pd

    NIP.19620405 198903 1 008                NIP. 19910409 199103 1 009             NIP. 19540722 197803 1 002                 NIP.19660913 200012 1 00


 


 


 


 


 


 

SILABUS


 


 

Satuan Pendidikan        : SMK Negeri 1 Padang

Mata Pelajaran        : Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Frais

Kode Kompetensi        : 014 KK 10

Kelas / Semester        : XI / 3 dan 4

Alokasi Waktu        : 72 x 45 menit

Standar Kompetensi        : Melakukan pekerjaan dengan mesin frais


 

KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

KKM

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

( Tatap Muka )

PT

( Penugasan Terstruktur )

KMTT

(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur)

1 Menjelaskan cara pengoperasian mesin frais


 


 


 


 


 

  • Gambar pekerjaan
  • Petunjuk pengerjaan
  • Kecepatan putaran mesin
  • Kecepatan potong
  • Kecepatan pemakanan


 

  • Memahami gambar pekerjaan
  • Memahami petunjuk pengerjaan
  • Menentukan kecepatan putaran mesin
  • Menentukan kecepatan potong
  • Menetukan kecepatan pemakanan


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas tentang cara pengoperasian mesin frais


 


 


 


 


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Penentuan bagian dari proses pemilihan alat bantu untuk menghasilkan komponen sesuai spesifikasi dipahami
  • Parameter-parameter pemotong ditentukan


 

75


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan


 


 


 

4x(4x45')


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Mesin frais
  • Alat keselamatan kerja
  • Job sheet
  • Modul 014 KK 10


     


     


     


     


     


 

  1. Mengoperasi kan mesin frais


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     

  2. Mengecek komponen untuk penyesuaian dengan rinciannya


 

  • Pengoperasian mesin frais
  • Pengidentifikasian pisau frais
  • Penggunaan pisau frais
  • Pengefraisan rata, alur dan bertingkat
  • Alat bantu pengefraisan
  • Alat pencekam benda kerja
  • Alat pembagian benda kerja


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     

  • Pemeriksaan komponen dan dimensi benda kerja secara visual
  • Penggunaan alat ukur untuk memeriksa komponen / benda kerja


 

  • Mengefrais rata, alaur dan bertingkat sesuai prosedur
  • Memahami macam-macam pisau frais
  • Memahami pemilihan pisau frais
  • Memahami alat bantu pengefraisan
  • Memahami alat pencekam benda kerja
  • Memahami alat pembagian benda kerja
  • Mengoperasikan mesin frais
  • Mengefrais rata, alur dan bertingkat
  • Menggunakan alat bantu pengefraisan
  • Menggunakan alat pencekam benda kerja
  • Menggunakan alat pembagian benda kerja


 

  • Menggunakan alat ukur untuk memeriksa komponen / benda kerja
  • Memeriksa komponen dan dimensi benda kerja secara visual
  • Memeriksa komponen / benda kerja


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas mengoperasikan mesin frais


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas mengecek komponen untuk penyesuaian dengan rinciannya


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Praktek Industri


 

  • Operasi mesin frais dilakukan untuk memproduksi komponen-komponen sesuai spesifikasi
  • Pengoperasian dilaksanakan menggunakan teknik konvensional atau memfrais menanjak serta variasi dari pisau frais termasuk slab, gang, end, shell slot, form, slitting
  • Seluruh aksesoris standar digunakan, termasukkepala pembagi dan rotary table (meja putar)


 


 

  • Komponen diperiksa kesesuaiannya terhadap spesifikasi menggunakan teknik, alat-alat dan peralatan yang tepat

75


 


 


 


 


 


 


 


 


 

75


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan
  • Praktek : Job Sheet


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan
  • Praktek : Job sheet


 

10x(4x45')


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

2x(4x45')


 

  • Mesin frais
  • Alat keselamatan kerja
  • Job sheet
  • Modul 014 KK 10
    • Macam-macam pisau frais


       


       


       


       


       


       


       


       


       


       


       


       

  • Mesin frais
  • Alat keselamatan kerja
  • Job sheet
  • Modul 014 KK 10
  • Alat ukur


 

Mengetahui,                                            Padang, Mei 2011    

Kepala Sekolah                Waka Kurikulum,            Ka.Prodi Teknik Pemesinan                Guru mata Diklat

    
 


 


 


 

Drs.Syofrizal,B.MT                Mardanus, S.Pd            Drs. Bakhtazar Said                     Drs. H.Kamal,M.Pd

NIP.19620405 198903 1 008                NIP. 19660409 199103 1 009        NIP. 19540722 197803 1 002                NIP. 19620402 198603 1 007


 


 

SILABUS


 

Satuan Pendidikan        : SMK Negeri 1 Padang

Mata Pelajaran        : Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Gerinda

Kode Kompetensi        : 014 KK 11

Kelas / Semester        : XI / 3

Alokasi Waktu        : 40 x 45 menit

Standar Kompetensi        : Melakukan pekerjaan dengan mesin gerinda


 

KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

KKM

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

( Tatap Muka )

PT

( Penugasan Tersruktur )

KMTT

(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur)

1.Menentukan kebutuhan kerja


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Penerapan langkah kerja penggerindaan muka dan silinder sesuai dengan prosedur kerja
  • Pemilihan alat cekam berdasarkan spesifikasi dan prosedur operasi standar
  • Mengikuti prosedur kerja, spesifikasi pengerjaan
  • Memilih alat cekam yang sesuai spesifikasi dan prosedur operasi standar
  • Memahami :

    - gambar kerja

    - instruksi kerja

    - spesifikasi

  • Memahami pemilihan alat cekam pada mesin gerinda muka dan standar
  • Menentukan langkah kerja
  • Memilih alat cekam


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas tentang kebutuhan kerja


 

  • Praktek Industri


 

  • Memilih cekam yang sesuai dan benar
  • Merancang persyaratan kerja dan urutan langkah kerja


 

75


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan


     


     


     


     


     


     


     


     


 

2x(2x45')

  • Mesin gerinda
  • Job sheet
  • Benda kerja
  • Perlengkapan mesin gerinda
  • Modul 014 KK 11
  1. Memilih roda gerinda dan perlengkapan nya


     


     


     


     


     


     


     


     

    3. Menjelaskan cara pengoperasian mesin gerinda


     

  • Pemilihan batu gerinda
  • Pengasahan batu gerinda
  • Pemilihan alat sesuai dengan prosedur operasi standar


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Pelaksanaan pekerjaan secara individu meliputi pemeriksaan mesin pendingin dan pelapis sesuai dengan prosedur operasi standar
  • Penggunaan alat-alat keamanan secara individu dalam penggerindaan muka dan silinder


     


     

  • Mengikuti prosedur operasi standar pemilihan dan pengasahan batu gerinda
  • Mengerti spesifikasi batu gerinda
  • Mengasah batu gerinda
  • Memilih perlengkapan pengasah gerinda
  • Memilih batu gerinda
  • Mengasah batu gerinda
  • Memilih perlengkapan


     


     


     


     


     


     

  • Memeriksa dilaku-kan mengikuti prosedur operasi standar
  • Bekerja sesuai dengan prosedur keselamatan kerja
  • Memeriksa Sistem pendinginan
  • Memeriksa Sistem pelapisan
  • Memeriksa alat-alat keselamatan kerja
  • Memperhatikan Prosedur keselamatan kerja, operasi penggerindaan muka dan silinder
  • Memeriksa pen-dingin dan pelapis
  • Menggunakan alat keselamatan kerja


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas memilih roda gerinda dan perlengkapannya


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas tentang cara pengoperasian mesin gerinda


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Praktek Industri


     

  • Batu gerinda dipilih berdasarkan pengetahuan pada struktur batu gerinda
  • perlengkapan dipilih sesuai standar produksi terhadap spesifikasi pekerjaan


     


     


     


     

  • Pemeriksaan pengaman mesin, pendingin dan pelapis
  • Prosedur tindakan keselamatan kerja diperhatikan (pakaian pelindung, dan memakai kaca mata pengaman)

75


 


 


 


 


 


 

75

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan
  • Praktek : Job sheet


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan


     


     


 

2x(2x45')


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

2x(2x45')

  • Macam-macam batu gerinda
  • Perlengkapan mesin gerinda


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     

  • Mesin gerinda
  • Job sheet
  • Benda kerja
  • Perlengkapan mesin gerinda
  • Modul 014 KK 11
  • Alat keselamatan kerja


     


     

4. Mengoperasi kan gerinda


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

5. Memeriksa komponen-komponen untuk kesesuaian secara spesifik

  • Pelaksanaan pekerjaan penggerindaan muka sesuai dengan spesifikasi dan prosedur operasi standar
  • Pelaksanaan pekerjaan penggerindaan luar dan dalam sesuai dengan spesifikasi dan prosedur operasi standar
  • Pelaksanaan penggerindaan tanpa senter dengan mengikuti spesifikasi dan operasi standar


     


     


     


     

  • Pemeriksaan komponen
  • Penggunaan alat-alat ukur
  • Pemeriksaan sesuai dengan spesifikasi dan prosedur operasi standar
  • Memperhatikan Prosedur keselamatan kerja, operasi penggerindaan muka dan silinder
  • Memeriksa pen-dingin dan pelapis
  • Menggunakan alat keselamatan kerja
  • Melaksanakan kerja sesuai dengan spesifikasi dan prosedur operasi standar menggerinda permukaan
  • Melaksanakan kerja sesuai dengan spesifikasi dan prosedur operasi standar menggerinda luar dan dalam
  • Melaksanakan sesuai dengan spesifikasi prosedur operasi standar


     


     


     


     

  • menggerinda tanpa senter
  • Menggerinda permukaan
  • Menggerinda silinder luar dan dalam
  • Menggerinda tanpa senter
  • Melaksanakan sesuai dengan spesifikasi dan prosedur operasi standar
  • Mengetahui :

    -Pemeriksaan komponen

    -Penggunaan alat-alat ukur

    -Sesuai dengan spesi-fikasi dan prosedur operasi standar

  • Memeriksa komponen-komponen yang sesuai dengan spesifikasi


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas mengoperasikan gerinda


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas memeriksa komponen-komponen untuk kesesuaian secara spesifik


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Praktek Industri
  • Menggerinda permukaan dilakukan sesuai dengan spesifikasi yang dipersyaratkan
  • Menggerinda luar dan dalam dilakukan sesuai dengan spesifikasi yang dipersyaratkan
  • Menggerinda tanpa senter dilakukan sesuai spesifikasi yang dipersyaratkan


     

    • Spesifikasi komponen-komponen diperiksa kesesuaiannya dengan menggunakan teknik dan peralatan yang benar

75


 


 


 


 


 


 


 

75

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan
  • Praktek : Job sheet


     


     


     


     


     


     


     


     


     

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan
  • Praktek : Job sheet


 

8x(2x45')


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

2x(2x45')

  • Macam-macam batu gerinda
  • Perlengkapan mesin gerinda
  • Benda kerja


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     

  • Alat ukur
  • Benda kerja


 

Mengetahui,                                            Padang, Mei 2011    

Kepala Sekolah                Waka Kurikulum,                Ka.Prodi Teknik Pemesinan                Guru mata Diklat

    
 


 


 


 

Drs.Syofrizal,B.MT                Mardanus, S.Pd                Drs. Bakhtazar Said                     Drs.Zainal Yacub

NIP.19620405 198903 1 008                NIP. 19660409 199103 1 009            NIP. 19540722 197803 1 002                NIP.19530228 197903 1 006


 

SILABUS


 

Satuan Pendidikan        : SMK Negeri 1 Padang

Mata Pelajaran        : Menggunakan Mesin Bubut ( Kompleks )

Kode Kompetensi        : 014 KK 12

Kelas / Semester        : XII / 5 dan 6

Alokasi Waktu        : 140 x 45 menit

Standar Kompetensi    : Menggunakan mesin bubut ( Kompleks )


 

KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

KKM

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

( Tatap Muka )

PT

( Penugasan Tersruktur )

KMTT

(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur)

1. Melakukan persiapan kerja secara tepat


 


 


 


 


 


 

2. Mengikuti sisipan identifikasi dari organisasi standar internasional atau standar lain yang sesuai

  • Persyaratan kerja
  • Langkah kerja
  • Peralatan kerja


     


     


     


     


     


     


     


     

  • Pemilihan alat potong
  • Identifikasi peralatan bantu


     


     


     


     


     

  • Memahami persyaratan kerja
  • Memahami persiapan kerja
  • Memahami peralatan kerja
  • Menyiapkan peralatan kerja


 


 


 


 


 

  • Memahami macam-macam alat potong untuk dipilih


     


     


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas tentang persiapan kerja secara tepat


 


 


 


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas tentang identifikasi dari organisasi standar internasional atau standar lain yang sesuai


     


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Praktek Industri


     


 

  • Mengikuti aturan dan persyaratan kerja
  • Membuat tahapan langkah kerja
  • Menyiapkan peralatan kerja


     


 


 


 

  • Memilih alat potong yang tepat untuk berbagai pekerjaan
  • Mengidentifikasi peralatan bantu, alat ukur presisi, dial indikator dan lain-lain


 

75


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

75

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Essay
  • Pengamatan
  • Penugasan


     


     

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan


 


 


 


 


 


 

2x(4x45')


 


 


 


 


 


 


 


 


 

4x(4x45')

  • Modul 014.KK.12
  • Perlatan kerja mesin bubut


     


     


     


     


     

  • Modul 014.KK.12
  • Macam-macam alat potong


 


 


 


 

  1. Melakukan berbagai macam pembubutan
  • Kecepatan putaran mesin
  • Kecepatan pemakanan
  • Pembubutan benda dengan bentuk kompleks


     

  • Menghitung kecepatan putaran mesin
  • Menghitung kecepatan pemakanan
  • Memahami teknik membubut benda dengan bentuk kompleks
  • Memahami teknik membubut benda tidak beraturan.
  • Menyetel kecepatan putaran mesin
  • Menyetel kecepatan pemakanan
  • Membubut benda dengan bentuk kompleks
  • Membubut bagian benda pelat/tidak beraturan, poros cam, poros pembawa, dan sebagainya


     


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas melakukan berbagai macam pembubutan


 

  • Praktek Industri
  • Menghitung kecepatan putaran mesin
  • Mengatur kecepatan putaran mesin
  • Menghitung kecepatan pemakanan
  • Menyetel kecepatan pemakanan
  • Menghitung ketebalan pemakanan
  • Melaksanakan pembubutan benda dengan bentuk kompleks

75

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan
  • Praktek / Produk : Job Sheet


 

12x(4x45')

  • Modul 014.KK.12
  • Buku Alat-alat perkakas jilid 3 (Harun)
  • Mesin bubut dan kelengkapan nya
  • Benda kerja
  • Peralatan kunci penunjang mesin bubut


 

Mengetahui,                                            Padang, Mei 2011    

Kepala Sekolah                Waka Kurikulum,                Ka.Prodi Teknik Pemesinan            Guru mata Diklat

    
 


 


 


 

Drs.Syofrizal,B.MT                Mardanus, S.Pd                Drs. Bakhtazar Said                 Drs. Bakhtazar Said

NIP.19620405 198903 1 008            NIP. 19660409 199103 1 009            NIP. 19540722 197803 1 002            NIP. 19540722 197803 1 002


 

.


 


 


 


 


 


 


 

SILABUS


 

Satuan Pendidikan        : SMK Negeri 1 Padang

Mata Pelajaran        : Memfrais ( Kompleks )

Kode Kompetensi        : 014 KK 13

Kelas / Semester        : XII / 5 dan 6

Alokasi Waktu        : 140 x 45 menit

Standar Kompetensi        : Memfrais ( Kompleks )


 

KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

KKM

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

( Tatap Muka )

PT

( Penugasan Terstruktur )

KMTT

(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur)

1. Memasang benda kerja


 


 


 


 


 


 


 


 

2. Mengenali insert menurut standar ISO


 

  • Perencanaan kerja
  • Penyiapan alat bantu pengefraisan yang sesuai
  • Penggunaan alat cekam benda kerja


 


 


 


 


 


 

  • Pemilihan alat potong
  • Pemasangan alat potong
  • Pemeliharaan alat potong


 

  • Memahami perencanaan kerja
  • Memahami penggunaan alat cekam benda kerja
  • Memahami penyiapan alat ukur
  • Memahami penyiapan alat bantu pengefraisan yang sesuai
  • Memasang benda kerja


     


 

  • Memahami macam-macam alat potong
  • Memahami pemilihan alat potong
  • Memahami pemasangan alat potong
  • Memasang alat potong


 


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas pemasangan benda kerja


 


 


 


 


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas mengenali insert menurut standar ISO


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Praktek Industri


 

  • Benda kerja diatur sesuai dengan tingkat kepresisian yang dibutuhkan dengan menggunakan alat bantu seperti dial indikator dan sine bars


 


 


 


 


 

  • Alat yang tepat dipilih untuk menyesuaikan parameter pemotongan


 

75


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

75


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan
  • Praktek : Job Sheet


 


 


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
    • Pengamatan
    • Penugasan
  • Praktek : Job Sheet


 

4x(4x45')


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

2x(4x45')


 

  • Benda kerja
  • Peralatan penunjang mesin frais
  • Mesin frais
  • Alat ukur
  • Dial indikator
  • Sine bars


 


 


 


 

  • Cutter potong
  • Mesin frais universal


 

3.Melakukan pengefraisan benda rumit


 

  • Pengefraisan rack dan gear
  • Pengefraisan helix
  • Penggunaan kepala pembagi
  • Penggunaan alat bantu pengefraisan lainnya


 


 

  • Melaksanakan pengefraisan
  • Memahami perhitungan pembuatan rack dan gear
  • Memahami pengefraisan rack dan gear
  • Memahami perhitungan pengefraisan helix
  • Memahami pengefraisan helix


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas pengefraisan benda rumit


 

  • Praktek Industri


 

  • Memfrais rack dan gear disertai perhitungannya
  • Pengefraisan helix dengan perhitungannya dan pengaturan gear train yang sesuai dapat dilakukan
  • Pengefraisan benda presisi yang rumit menggunakan meja universal dan kepala pembagi differensial


 


 


 


 

75


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan
  • Praktek / Produk : Job Sheet


 

10x(4x45')


 

  • Benda kerja
  • Job sheet
  • Buku alat-alat perkakas
  • Modul 014.KK.13
  • Alat bantu mesin frais
  • Alat bantu pengefraisan
  • Kunci penunjang


 

Mengetahui,                                            Padang, Mei 2011    

Kepala Sekolah                Waka Kurikulum,                Ka.Prodi Teknik Pemesinan                Guru mata Diklat

    
 


 


 


 

Drs.Syofrizal,B.MT                Mardanus, S.Pd                Drs. Bakhtazar Said                     Drs.Zainal Yacub

NIP.19620405 198903 1 008                NIP. 19660409 199103 1 009            NIP. 19540722 197803 1 002                NIP.19530228 197903 1 006


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

SILABUS


 


 

Satuan Pendidikan        : SMK Negeri 1 Padang

Mata Pelajaran        : Menggerinda Pahat dan Alat Potong

Kode Kompetensi        : 014 KK 14

Kelas / Semester        : XII / 5

Alokasi Waktu        : 30 x 45 menit

Standar Kompetensi        : Menggerinda pahat dan alat potong


 

KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

KKM

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

( Tatap Muka )

PT

( Penugasan Terstruktur )

KMTT

(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur)


 

  1. Menetapkan persyaratan pekerjaan


     


     


     


     


     


     

  2. Memilih alat dan roda gerinda pemotong dan perlengkapan yang sesuai


 

  • Persyaratan kerja dengan menggunakan mesin gerinda


     


     


     


     


     


     

  • Pemilihan jenis dan bentuk roda gerinda
  • Balancing dan truing roda gerinda dipilih


 

  • Memahami persyaratan kerja dengan menggunakan mesin gerinda


 


 


 


 


 


 

  • Membalancing dan truing roda gerinda sesuai prosedur
  • Memahami peralatan menggerinda
  • Memahami jenis dan bentuk roda gerinda
  • Memahami balancing dan truing roda gerinda
  • Melaksanakanpemilihan jenis dan bentuk roda gerinda
  • Melaksanakan balancing dan truing roda gerinda


     


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas menetapkan persyaratan kerja


 


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas tentang pemilihan alat dan roda gerinda pemotong dan perlengkapan yang sesuai


 


 


 


 


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 

  • Praktek Industri


     


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Gambar dan susunan pelaksanaan langkah kerja dapat dipahami


 


 


 


 


 


 

  • Alat dan roda gerinda pemotong dipilih, atas dasar pengetahuan pada stuktur roda gerinda, penyeimbangan dan pengasahan
  • Perlengkapan dipilih untuk fasilitas produksi pada spesifikasi


 


 

75


 


 


 


 


 


 


 


 

75


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan


 


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan
  • Praktek


 


 


 

2x(2x45')


 


 


 


 


 


 


 


 

4x(2x45')


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Manual mesin gerinda
  • Modul 014 KK 14


 


 


 


 


 

  • Roda batu gerinda
  • Alat balancing roda batu gerinda / dreser
  • Peralatan dan kunci penunjang


     


     


     


     


 

  1. Menggerinda pahat dan alat potong


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     

  2. Memeriksa komponen sesuai dengan spesifikasi


 

  • Pengasahan alat potong dengan menggunakan mesin gerinda
  • Penggerindaan bentuk paralel dalam / luar
  • Penggerindaan bentuk sudut luar dan dalam


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Pemeriksaan komponen dan dimensi benda kerja secara visual
  • Penggunaan alat ukur untuk memeriksa komponen / benda


 

  • Menggunakan mesin gerinda dalam mengasah alat potong sesuai prosedur
  • Memahami cara mengasah alat potong dengan menggunakan mesin gerinda
  • Memahami cara menggerinda bentuk paralel dalam / luar
  • Memahami cara menggerinda bentuk sudut luar dan dalam
  • Melaksanakan pengasahan alat potong dengan menggunakan mesin gerinda
  • Menggerinda bentuk paralel dalam / luar
  • Menggerinda bentuk sudut luar dan dalam
  • Menggunakan alat ukur untuk memeriksa komponen / benda kerja


 


 

  • Memeriksa komponen dimensi benda kerja secara visual
  • Memeriksa komponen / benda kerja


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas menggerinda pahat dan alat potong


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas memeriksa komponen sesuai dengan spesifikasi


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Praktek Industri


 

  • Alat universal dan mesin gerinda cutter dioperasikan untuk menajamkan dan membentuk seluruhnya pada alat-alat dan pemotong termasuk sisi dan permukaan pemotong, sisi potong, bentuk kebebasan pisau-pisau frais datar, vee dan bentuk alat-alat bulat dan hob, alur slot, bor dan pelumas
  • Penggerindaan paralel dalam dan/atau luar diselesaikan
  • Penggerindaan sudut dalam dan/atau sudut luar diselesaikan sesuai dengan spesifikasi gambar


     

    • Komponen diperiksa untuk kesesuaiannya terhadap penggunaan beberapa teknik, peralatan dan perlengkapan

75


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

75


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan
  • Praktek : Job Sheet


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan


 

8x(2x45')


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

2x(2x45')


 

  • Mesin gerinda


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Alat ukur presisi
  • Rugho test
  • Gambar kerja standar
  • Modul 014 KK 14


 

Mengetahui,                                            Padang, Mei 2011    

Kepala Sekolah                Waka Kurikulum,                Ka.Prodi Teknik Pemesinan                Guru mata Diklat

    
 


 


 


 

Drs.Syofrizal,B.MT                Mardanus, S.Pd                Drs. Bakhtazar Said                     Drs.Zainal Yacub

NIP.19620405 198903 1 008                NIP. 19660409 199103 1 009            NIP. 19540722 197803 1 002                NIP.19530228 197903 1 006


 


 


 

SILABUS


 

Satuan Pendidikan        : SMK Negeri 1 Padang

Mata Pelajaran        : Mengeset Mesin dan Program Mesin NC / CNC ( Dasar )

Kode Kompetensi        : 014 KK 15

Kelas / Semester        : XI / 3

Alokasi Waktu        : 72 x 45 menit

Standar Kompetensi    : Mengeset mesin dan program mesin NC / CNC ( Dasar )


 

KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

KKM

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

( Tatap Muka )

PT

( Penugasan Tersruktur )

KMTT

(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur)

  1. Memahami instruksi kerja


     


     


     


     


     


     


     


     

    2. Memasang fixture / perlengkapan / alat pemegang


     


 

  • Instruksi kerja
  • Program NC / CNC dan instruksi kerja


     


     


     


     


     


     


     

  • Pengesetan awal pada mesin NC / CNC
  • Fixture / perlengkapan / pencekam pada mesin
  • Pengaturan tool offset sesuai dengan prosedur dan operasi standar


 

  • Memahami urutan proses pengerjaan
  • Memahami instruksi kerja
  • Memahami cara memasukkan program pada mesin NC / CNC
  • Memasukkan program pada mesin NC / CNC


     


     

  • Memahami nama / nomor fixture
  • Memperhatikan petunjuk-petunjuk yang tertera pada gambar
  • Memahami cara pengesetan awal pada mesin NC / CNC
  • Memahami cara pemasangan fixture / perlengkapan / pencekam pada mesin sesuai prosedur
  • Memahami cara mengatur tool offset sesuai dengan prosedur operasi standar
  • Mengeset perlengkapan mesin NC / CNC
  • Mengatur tool offset sesuai dengan prosedur dan operasi standar


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas tentang instruksi kerja


 


 


 


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas memasang fixture / perlengkapan / alat pemegang


 


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 

  • Lembar kerja dan dokumen sejenis lainnya dipahami dan diikuti
  • Program NC / CNC yang dimasukkan, dipilih dan diresifikasi sesuai dengan instruksi kerja
  • Perkakas untuk pengesetan awal dipasang pada mesin sesuai tuntutan
  • Fixture / perlengkapan / pencekam diatur pada mesin berdasarkan tuntutanmengguna kan prosedur operasi standar
  • Pengaturan tool offset atau data diidentifikasi / dipasti kan terhadap lembar kerja menggunakan prosedur operasi standar


 

75


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

75


 


 


 


 


 


 


 

  • Teknik :

    Tes Tertulis

  • Bentuk Instrumen : Essay
  • Pengamatan
  • Penugasan
  • Praktek : Job sheet


     

  • Teknik :

    Tes Tertulis

  • Bentuk Instrumen : Essay
  • Pengamatan
  • Penugasan
  • Praktek : Job sheet


     


 


 

2x(4x45')


 


 


 


 


 


 


 


 


 

4x(4x45')


 

  • Mesin CNC dan kelengkapan nya
  • Modul 014 KK 15
  • Alat ukur
  • Job sheet
  • Benda kerja


 


 

  • Mesin CNC dan Kelengkapan nya
  • Modul 014 KK 15
  • Alat ukur
  • Job sheet
  • Benda kerja


     


     


     


     


     


     


     


 

3. Melakukan pemeriksaan awal


 


 


 


 


 


 


 

  1. Melakukan pengaturan mesin NC/CNC ( Numerical Control / Computer Numerical Control )


     


     


 

  • Pemeriksaan awal pada mesin NC / CNC
  • Perlengkapan keselamatan kerja sesuai prosedur


     


 


 


 


 


 


 


 

  • Pengaturan operasional mesin dan spesifikasi
  • Penunjukkan contoh hasil produksi sesuai standar


 

  • Memahami istilah-istilah pada mesin NC / CNC
  • Memahami prosedur keselamatan kerja
  • Memeriksa alat keselamatan kerja, operasi penggerindaan muka dan silinder
  • Memeriksa pendingin dan pelapis
  • Menggunakan alat keselamatan kerja


 


 


 

  • Mengenal tombol-tombol dan istilah-istilah
  • Mengerti bahwa jangan menjalankan mesin tanpa didampingi supervisor / instruktur
  • Memahami gambar kerja
  • Memahami pengaturan operasional mesin dan spesifikasi
  • Memahami contoh produksi sesuai spesifikasi dan standar
  • Melakukan pengaturan operasional mesin dan spesifikasi


 


 


 


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas melakukan pemeriksaan awal


 


 


 


 


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas melakukan pengaturan mesin NC / CNC (Numerical Control / Computer Numerical Control)


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Praktek Industri


     


 


 

  • Tanggung jawab pemeriksaan awal berdasarkan prosedur operasi standar dilakukan
  • Prosedur keselamatan kerja dan perlengakapan operasi diamati dan diperiksa dengan tepat


 


 


 

  • Pengaturan / penyesuaian mesin disesuaikan dengan persyaratan operasional dan spesifikasi
  • Contoh produksi diperiksa sesuai spesifikasi menggunakan prosedur operasi standar


 

75


 


 


 


 


 

75


 


 


 


 


 

  • Teknik :

    Tes Tertulis

  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan
  • Praktek : Job sheet


     


     


     


     


     

    • Teknik : Tes Tertulis
    • Bentuk Insrumen : Esaay
    • Pengamatan
    • Penugasan
    • Praktek : Job sheet


 

2x(4x45')


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

4x(4x45')


 

  • Mesin CNC dan kelengkapannya
  • Modul 014 KK 15
  • Alat ukur
  • Job sheet
  • Benda kerja


 


 


 


 


 

  • Mesin CNC dan kelengkapannya
  • Modul 014 KK 15
  • Alat ukur
  • Job sheet
  • Benda kerja


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

KKM

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

( Tatap Muka )

PT

( Penugasan Tersruktur )

KMTT

(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur)

  1. Menginstruksi operator mesin


 


 

  1. Mengganti tooling yang retak / rusak


     


 

  • Intruksi tentang operasi, prosedur keamanan kerja dan prosedur operasi standar


 


 


 


 

  • Perbaikan dan penggantian tool sesuai prosedur


     


     


     


     


     


     


     


 

  • Memahami prosedur keselamatan kerja
  • Memahami cara memberikan instruksi


 


 


 


 


 


 

  • Memahami istilah-istilah khusus
  • Memahami cara penggantian preset tool dan perbaikan tool offset
  • Melakukan penggantian preset tool dan tool offset


     


     


     


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas tentang operator mesin


 


 


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas memasang fixture / perlengkapan / alat pemegang


 


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 

  • Operator diberi instruksi untuk memastikan bahwa prosedur dan peralatan keselamatan kerja ada ditempat kerja


 


 


 

  • Preset tool diganti, tool offset disesuaikan atau diperbaiki berdasarkan prosedur operasi standar


 

75


 


 


 


 


 


 


 


 

75


 


 


 


 


 


 


 

  • Teknik :

    Tes Tertulis

  • Bentuk Instrumen : Essay
  • Pengamatan
  • Penugasan


 


 


 

  • Teknik :

    Tes Tertulis

  • Bentuk Instrumen : Essay
  • Pengamatan
  • Penugasan


     


 


 

1x(4x45')


 


 


 


 


 


 


 


 


 

3x(4x45')


 

  • Alat keselamatan kerja


 


 


 


 


 


 

  • Modul 014 KK 15
  • Tool set
  • Mesin CNC TU 2A
  • Mesin CNC TU 3A
  • Seperangkat kunci penunjang


 

Mengetahui,                                            Padang, Mei 2011    

Kepala Sekolah                Waka Kurikulum,                Ka.Prodi Teknik Pemesinan            Guru mata Diklat

    
 


 


 


 

Drs.Syofrizal,B.MT                Mardanus, S.Pd                Drs. Bakhtazar Said                 Drs. Bakhtazar Said

NIP.19620405 198903 1 008            NIP. 19660409 199103 1 009            NIP. 19540722 197803 1 002            NIP. 19540722 197803 1 002


 


 


 


 


 


 


 


 

SILABUS


 

Satuan Pendidikan        : SMK Negeri 1 Padang

Mata Pelajaran        : Memprogram Mesin NC / CNC ( Dasar )

Kode Kompetensi        : 014 KK 16

Kelas / Semester        : XI / 5

Alokasi Waktu        : 40 x 45 menit

Standar Kompetensi    : Memprogram mesin NC / CNC ( Dasar )


 

KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJ `ARAN

INDIKATOR

KKM

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

( Tatap Muka )

PT

( Penugasan Tersruktur )

KMTT

(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur)

  1. Mengenal bagian-bagian program mesin NC/CNC


     


     


     


     

    2. Menulis program mesin NC/CNC


     


 

  • Pengenalan program mesin CNC
  • Pemilihan program yang sesuai


     


     


     


     


     

  • Identifikasi gambar kerja
  • Identifikasi bentuk gerakan alat potong
  • Penulisan program operasi mesin
  • Penentuan koordinat untuk membuat program
  • Penulisan program NC / CNC dengan standar KODE KOMPETENSI format pada prosedur operasi standar


 

  • Memahami program mesin CNC
  • Memahami pemilihan program yang sesuai


     


     


     


     

  • Memahami gambar kerja
  • Memahami bentuk gerakan alat potong
  • Menulis program operasi mesin
  • Memahami cara menentukan koordinat untuk membuat program
  • Memahami penulisan program NC/CNC dengan standar KODE KOMPETENSI format pada prosedur operasi standar
  • Membuat program dengan format dan prosedur operasi standar


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas mengenal bagian-bagian program mesin NC/CNC


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas menulis program mesin NC/CNC


 


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 

  • Elemen program yang sesuai dipilih untuk pengontrol mesin


     


 


 


 

  • Gambar teknik dan memahami arti fungsi dasar mesin dan bentuk-bentuk gerakan perkakas dapat dimengerti
  • Koordinat dihitung untuk lintasan perkakas sederhana atau fungsi dasar permesinan
  • Program dalam standar KODE KOMPETENSI format yang sesuai dengan prosedur operasi standar


 

75


 


 


 


 


 


 


 


 

75


 


 


 


 


 


 


 

  • Teknik :

    Tes Tertulis

  • Bentuk Instrumen : Essay
  • Pengamatan
  • Penugasan


     


 

  • Teknik :

    Tes Tertulis

  • Bentuk Instrumen : Essay
  • Pengamatan
  • Penugasan


     


 


 

3x(2x45')


 


 


 


 


 


 


 


 

4x(2x45')


 

  • Contoh program CNC
  • Modul CNC
  • Buku CNC TU.2A dan TU.3A


 

  • Job sheet
  • Contoh program CNC
  • Simulator CNC TU.2A dan TU.3A
  • Mesin CNC TU.2A dan TU.3A


 

3. Melaksanakan lembar penulisan operasi NC/CNC


 


 


 


 


 

  1. Menguji coba program


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Penulisan informasi dalam lembar operasi NC/CNC


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Pengoperasian mesin NC / CNC sesuai manual
  • Pengeditan program NC / CNC sesuai standar prosedur
  • Pemeriksaan komponen mesin


 


 


 


 


 

  • Memahami cara menyusun informasi dalam lembar operasi NC/CNC


     


     


     


     


     


     

  • Memahami cara mengoperasikan mesin NC/CNC sesuai manual
  • Memahami editting program NC/CNC sesuai standar prosedur
  • Memahami pemeriksaan komponen mesin
  • Mengoperasikan mesin NC/CNC secara manual
  • Melaksanakan pemeriksaan komponen mesin


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas melaksanakan lembar penulisan operasi NC/CNC


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas menguji coba program


 


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Praktek Industri


     


 


 

  • Lembar operasi dihasilkan sesuai dengan spesifikasi berdasarkan dengan prosedur operasi standar


 


 


 


 

  • Mesin dioperasikan dengan cara manual untuk menge-test dan membuktikan program sesuai persyaratan
  • Program diedit untuk penyetelan operasi sesuai persyaratan
  • Komponen-komponen diperiksa untuk kesesuaian terhadap spesifikasi sesuai persyaratan

75


 


 


 

75


 


 


 


 


 

  • Teknik :

    Tes Tertulis

  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan


     


     

    • Teknik : Tes Tertulis
    • Bentuk Insrumen : Esaay
    • Pengamatan
    • Penugasan
    • Praktek : Job sheet


       


       


       


       


       


       


       


 


 


 

3x(2x45')


 


 


 


 


 


 


 


 


 

6x(2x45')


 

  • Simulator CNC TU. 2A dan TU.3A
  • Buku modul CNC TU.2A dan TU.3A


     


     


     


     

  • Instruksi kerja
  • Peralatan utama mesin NC/CNC


     


     


     


     


 


 

Mengetahui,                                            Padang, Mei 2011    

Kepala Sekolah                Waka Kurikulum,                Ka.Prodi Teknik Pemesinan            Guru mata Diklat

    
 


 


 


 

Drs.Syofrizal,B.MT                Mardanus, S.Pd                Drs. Bakhtazar Said                 Drs. Bakhtazar Said

NIP.19620405 198903 1 008            NIP. 19660409 199103 1 009            NIP. 19540722 197803 1 002            NIP. 19540722 197803 1 002


 


 

                    


 


 

SILABUS


 

Satuan Pendidikan        : SMK Negeri 1 Padang

Mata Pelajaran        : Mengoperasikan Mesin NC / CNC ( Dasar )

Kode Kompetensi        : 014 KK 17

Kelas / Semester        : XII / 6

Alokasi Waktu        : 72 x 45 menit

Standar Kompetensi    : Mengoperasikan mesin NC / CNC ( Dasar )


 

KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

KKM

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

( Tatap Muka )

PT

( Penugasan Tersruktur )

KMTT

(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur)

  1. Memahami instruksi kerja


     


     


     


     


     


     

    2. Melakukan pemeriksaan awal


     


 

  • Instruksi kerja


     


     


     


     


     


     


     


     

  • Pemeriksaan awal
  • Keselamatan dan kesehatan kerja


 

  • Memahami instruksi kerja


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Memahami pemeriksaan awal
  • Memahami keselamatan dan kesehatan kerja
  • Melaksanakan pemeriksaan awal


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas tentang instruksi kerja


 


 


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas melakukan pemeriksaan awal


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 

  • Lembar kerja atau perintah sejenis dapat dipahami dan diterapkan


 


 


 


 


 

  • Pemeriksaan awal dilakukan sesuai prosedur operasi standar
  • Prosedur keselamatan kerja diamati dan peralatan keselamatan kerja untuk operasional diperiksa


 

75


 


 


 


 


 


 


 


 


 

75


 


 


 


 


 


 


 

  • Teknik :

    Tes Tertulis

  • Bentuk Instrumen : Essay
  • Pengamatan
  • Penugasan


 


 

  • Teknik :

    Tes Tertulis

  • Bentuk Instrumen : Essay
  • Pengamatan
  • Penugasan
  • Praktek : Job sheet


     


 


 

2x(4x45')


 


 


 


 


 


 


 


 

2x(4x45')


 

  • Modul 014 KK 17


 


 


 


 


 


 


 

  • Modul 014 KK 15
  • Alat keselamatan kerja


     


     


     


     


     


     


 

3. Mengoperasi kan mesin NC / CNC


 


 


 


 


 


 


 

  • Pemeriksaan program mesin NC / CNC
  • Pengoperasian mesin NC / CNC berdasarkan prosedur operasi standar
  • Pengidentifikasian kesalahan fungsi mesin yang terdeteksi berdasarkan prosedur operasi standar
  • Pemeriksaan benda hasil pekerjaan


 

  • Mengoperasikan mesin NC / CNC berdasarkan prosedur operasi standar
  • Memahami cara memeriksa program NC / CNC
  • Mengidentifikasi kesalahan fungsi mesin beradasarkan prosedur operasi standar
  • Memahami pemeriksaan benda hasil pekerjaan
  • Mengoperasikan mesin NC / CNC beradasarkan prosedur operasi standar
  • Melaksanakan pemeriksaan benda hasil pekerjaan


 


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas Mengoperasikan mesin NC / CNC


 


 


 


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Program NC / CNC yang terpasang dengan instruksi kerja dipilih dan dipastikan pemakaiannya
  • Mesin NC / CNC dioperasikan dengan aman untuk membuat produk sesuai dengan spesifikasi menurut prosedur operasi standar
  • Kesalahan fungsi mesin diidentifikasi dan dilaporkan
  • Pemeriksaan contoh benda yang diproduksi untuk pemeriksaan berdasarkan operasi standar


 

75


 


 


 


 


 


 


 

  • Teknik :

    Tes Tertulis

  • Bentuk Instrumen : Esaay
  • Pengamatan
  • Penugasan
  • Praktek : Job sheet


     


     


     


 

10x(4x45')


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Mesin CNC TU 2A dan TU 3A
  • Modul 014 KK 17
  • Job sheet
  • Benda kerja yang sudah jadi


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

KKM

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

( Tatap Muka )

PT

( Penugasan Tersruktur )

KMTT

(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur)

4. Mengawasi kerja mesin / proses NC / CNC


 


 


 


 


 


 


 

  • Pengawasan keausan alat
  • Penggantian perkakas
  • Pengidentifikasian tools offset
  • Perbaikan kesalahan
  • Deviasi benda hasil pekerjaan


 

  • Memahami keausan alat
  • Memahami penggantian perkakas
  • Mengidentifikasi tools offset
  • Memahami perbaikan kesalahan program
  • Memahami deviasi benda hasil pekerjaan
  • Mengganti perkakas
  • Memperbaiki kesalahan program dan penyetelan alat


 

  • Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
  • Mengerjakan tugas mengawasi kerja mesin / proses NC / CNC


 


 


 

  • Praktek Industri


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Keausan alat, dan bila diperlukan, penggantian perkakas mengidentifikasi tools offset pada program NC / CNC dan disesuaikan atau tindakan koreksi lainnya berdasarkan prosedur operasi standar dapat diawasi
  • Deviasi produk dari spesifikasi dilaporkan berdasarkan prosedur operasi standar dapat dilaporkan


 


 


 

75


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Teknik :

    Tes Tertulis

  • Bentuk Instrumen : Essay
  • Pengamatan
  • Penugasan


 


 


 

2x(4x45')


 

  • Modul 014 KK 17
  • Mesin CNC TU 2A dan TU 3A
  • Tool set TU 2A dan TU 3A


     


     


     


     


     


     


 

Mengetahui,                                            Padang, Mei 2011    

Kepala Sekolah                Waka Kurikulum,                Ka.Prodi Teknik Pemesinan            Guru mata Diklat

    
 


 


 


 

Drs.Syofrizal,B.MT                Mardanus, S.Pd                Drs. Bakhtazar Said                 Drs. Bakhtazar Said

NIP.19620405 198903 1 008            NIP. 19660409 199103 1 009            NIP. 19540722 197803 1 002            NIP. 19540722 197803 1 002


 


 

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More