SILABUS
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Padang
Mata Pelajaran : Melaksanakan Penanganan Material Secara Manual
Kode Kompetensi : 014 KK 01
Kelas / Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 36 x 45 menit
Standar Kompetensi : Melaksanakan penanganan material secara manual
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | KKM | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
TM
( Tatap Muka ) | PT
( Penugasan Terstruktur ) | KMTT
(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur) |
- Mengangkat material secara manual
|
- Kontruksi, prinsip kerja dan fungsi pesawat angkat
- Kontruksi, prinsip kerja dan fungsi pesawat angkut
- perhitungan gaya,momen dan kopel
|
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas mengangkat material secara manual
|
|
- Jenis dan cara kerja pesawat angkat
- Jenis dan cara kerja pesawat angkut
- Pengertian jenis- jenis gaya
- Menyusun dan menguraikan gaya
- Menghitung momen kopel
|
75
|
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
|
8X(2X45')
|
- Modul 014 KK 01
Buku paket
|
- Menggerakkan / mengganti material secara manual
|
- Mentransformasikan material secara manual
- Mentransformasikan penggantian material secara manual menurut standar industri
|
- Menginterpretasikan cara menggerakkan / mengganti material secara manual menurut standar industri
- Mengidentifikasi menggerakkan / mengganti material secara manual menurut standar industri
- Melakukan dan menggerakkan / mengganti material secara manual menurut standar industri
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas menggerakkan / mengganti material secara manual
|
|
| 75
|
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
|
8x(2x45')
|
- Modul 014 KK 01
Buku paket
|
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Padang
Mata Pelajaran : Menggunakan Peralatan Pembandingan dan / atau Alat Ukur Dasar
Kode Kompetensi : 014 KK 02
Kelas / Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 40 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menggunakan peralatan pembandingan dan / atau alat ukur dasar
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | KKM | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
TM
( Tatap Muka ) | PT
( Penugasan Terstruktur ) | KMTT
(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur) |
1 Menjelaskan cara penggunaan peralatan pembandingan atau alat ukur dasar
|
- Pengidentifikasian prosedur pengesetan peralatan pembanding
- Pengidentifikasian spesifikasi peralatan yang akan diset
- Pengidentifikasian perkakas dan peralatan yang digunakan untuk mengeset peralatan pengukur pembanding
- Penerapan prosedur pengesetan menggunakan alat ukur
|
- Mengidentifikasi prosedur pengesetan peralatan pembanding
- Mengidentifikasi spesifikasi peralatan yang akan diset
- Mengidentifikasi perkakas dan peralatan yang digunakan untuk mengeset peralatan pengukur pembanding
- Mengeset peralatan pengukur pembanding
- Mengeset penggunaan alat ukur
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas tentang cara penggunaan peralatan pembandingan atau alat ukur dasar
|
|
- Peralatan diset menurut spesifikasi dengan manufaktur atau prosedur operasi standar dan teknik-tekniknya
|
75
|
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
|
4x(2x45')
|
|
2 Menggunakan peralatan pembandingan dan / atau alat ukur dasar
- Memelihara peralatan pembandingan dan / atau alat ukur dasar
|
- Pengukuran dengan berbagai peralatan pengukur mekanis presisi
- Pemilihan jenis alat ukur presisi yang sesuai dengan benda kerja yang diukur
- Pengukuran benda kerja dengan posisi dan metode yang benar
- Pengukuran benda kerja dengan akurasi pengukuran terkecil
- Penginterpretasian hasil pengukuran mekanis
- Menyimpan dan pemeliharaan alat-alat ukur
- Pemeriksaan dan kalibrasi alat-alat ukur
|
- Melakukan pengukuran benda kerja dengan posisi dan metode yang benar
- Menginterpretasi hasil pengukuran mekanis
- Mengukur dengan berbagai peralatan pengukur mekanis presisi
- Memilih jenis alat ukur presisi yang sesuai dengan benda kerja yang diukur
- Mengukur benda kerja dengan posisi dan metode yang benar
- Mengukur benda kerja dengan akurasi pengukuran terkecil
- Memahami cara merawat dan menyimpan alat-alat ukur sesuai spesifikasi dan prosedur
- Menyimpan dan memelihara alat-alat ukur
- Memeriksa alat -alat ukur
- Mengkalibrasi alat-alat ukur
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas menggunakan peralatan pembandingan dan/atau alat ukur dasar
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas memelihara peralatan pembandingan dan/atau alat ukur dasar
|
|
- Peralatan presisi yang tepat untuk memperoleh hasil yang dibutuhkan dapat dipilih
- Teknik pengukuran yang benar dan tepat dapat dilakukan
- Pengukuran secara akurat sampai graduasi terkecil dari suatu instrumentasi dapat dilaksanakan
- Hasil pengukuran diinterpretasi secara benar dan akurat
- Alat ukur dasar digunakan sesuai dengan fungsinya
- Alat ukur dasar dibaca sesuai dengan tingkat ketelitiannya
| 75
75
|
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
- Praktek : Job Sheet
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
- Praktek : Job Sheet
|
10x(2x45')
2x(2x45')
|
- Modul 014 KK 02
- Alat ukur
Benda kerja
- Alat ukur
- Modul 014 KK 02
|
Mengetahui, Padang, Mei 2011
Kepala Sekolah Mardanus, S.Pd, Ka.Prodi Teknik Pemesinan Guru mata Diklat
Drs.Syofrizal,B.MT Mardanus, S.Pd Drs. Bakhtazar Said Danu Irianto,S.Pd
NIP.19620405 198903 1 008 NIP. 19660409 199103 1 009 NIP. 19540722 197803 1 002 NIP.19661226 199303 1 004
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Padang
Mata Pelajaran : Mengukur dengan Alat Ukur Mekanik Presisi
Kode Kompetensi : 014 KK 03
Kelas / Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 40 x 45 menit
Standar Kompetensi : Mengukur dengan alat ukur mekanik presisi
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | KKM | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
TM
( Tatap Muka ) | PT
( Penugasan Terstruktur ) | KMTT
(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur) |
1 Menjelaskan cara penggunaan alat ukur mekanik presisi
|
- Pengidentifikasian prosedur pengesetan peralatan pembanding
- Pengidentifikasian spesifikasi peralatan yang akan diset
- Pengidentifikasian perkakas dan peralatan yang digunakan untuk mengeset peralatan pengukur pembanding
- Penerapan prosedur pengesetan menggunakan alat ukur
|
- Mengidentifikasi prosedur pengesetan peralatan pembanding
- Mengidentifikasi spesifikasi peralatan yang akan diset
- Mengidentifikasi perkakas dan peralatan yang digunakan untuk mengeset peralatan pengukur pembanding
- Mengeset peralatan pengukur pembanding
- Mengeset penggunaan alat ukur
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas tentang cara penggunaan alat ukur mekanik presisi
|
|
- Peralatan diset menurut spesifikasi dengan manufaktur atau prosedur operasi standar dan teknik-tekniknya
|
75
|
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
|
4x(2x45')
|
|
2. Mengguna kan alat ukur mekanik presisi
3. Memelihara alat ukur mekanik presisi |
- Pengukuran dengan berbagai peralatan pengukur mekanis presisi
- Pemilihan jenis alat ukur presisi yang sesuai dengan benda kerja yang diukur
- Pengukuran benda kerja dengan posisi dan metode yang benar
- Pengukuran benda kerja dengan akurasi pengukuran terkecil
- Penginterpretasian hasil pengukuran mekanis
- Pengidentifikasian penyetelan berbagai peralatan pengukur mekanis presisi
- Penyetelan dan perawatan berbagai peralatan pengukur mekanis presisi
- Penerapan prosedur penyimpanan peralatan pengukur mekanis presisi
- Pengidentifikasian spesifikasi peralatan pengukur mekanis presisi
|
- Melakukan pengukuran benda kerja dengan posisi dan metode yang benar
- Menginterpretasi hasil pengukuran mekanis
- Mengukur dengan berbagai peralatan pengukur mekanis presisi
- Memilih jenis alat ukur presisi yang sesuai dengan benda kerja yang diukur
- Mengukur benda kerja dengan posisi dan metode yang benar
- Mengukur benda kerja dengan akurasi pengukuran terkecil
- Mengidentifikasi penyetelan berbagai peralatan pengukur mekanis presisi
- Melaksanakan prosedur penyimpanan peralatan pengukur mekanis presisi
- Mengidentifikasi spesifikasi peralatan pengukur mekanis presisi
- Melakukan penyetelan dan perawatan berbagai peralatan pengukur mekanis presisi
- Merawat dan menyimpan peralatan pengukur mekanis presisi sesuai dengan spesifikasinya
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas menggunakan alat ukur mekanik presisi
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas memelihara alat ukur mekanik presisi
|
|
| 75
75
|
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
- Praktek : Job Sheet
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
- Praktek : Job Sheet
|
10x(2x45')
2x(2x45')
|
- Modul 014 KK 03
- Alat ukur
Benda kerja
- Alat pembersih
- Almari penyimpan alat ukur
|
Mengetahui, Padang, Mei 2011
Kepala Sekolah Mardanus, S.Pd, Ka.Prodi Teknik Pemesinan Guru mata Diklat
Drs.Syofrizal,B.MT Mardanus, S.Pd Drs. Bakhtazar Said Danu Irianto,S.Pd
NIP.19620405 198903 1 008 NIP. 19660409 199103 1 009 NIP. 19540722 197803 1 002 NIP.19661226 199303 1 004
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Padang
Mata Pelajaran : Menggunakan Perkakas Tangan
Kode Kompetensi : 014 KK 04
Kelas / Semester : X / 1 dan 2
Alokasi Waktu : 110 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menggunakan perkakas tangan
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | KKM | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
TM
( Tatap Muka ) | PT
( Penugasan Terstruktur ) | KMTT
(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur) |
Menjelaskan jenis, fungsi dan cara penggunaan perkakas tangan
- Menggunakan macam-macam perkakas tangan
|
|
- Mengidentifikasi macam-macam perkakas tangan
- Memahami jenis, fungsi dan cara macam-macam perkakas tangan
- Melaksanakan penggunaan macam-macam perkakas tangan dengan prosedur dan ketentuan yang benar
- Menggunakan macam-macam perkakas tangan
|
|
|
- Jenis-jenis, fungsi dan cara penggunaan perkakas tangan
- Perkakas tangan yang tepat menurut keperluan tugas pekerjaan dapat dipilih
|
75
75
|
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
Penugasan
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
- Praktek : Job sheet
|
8X(4X45')
8X(4X45')
|
|
Mengetahui, Padang, Mei 2011
Kepala Sekolah Waka Kurikulum, Ka.Prodi Teknik Pemesinan Guru mata Diklat
Drs.Syofrizal,B.MT Mardanus, S.Pd Drs. Bakhtazar Said Ridwan,S.Pd
NIP.19620405 198903 1 008 NIP. 19660409 199103 1 009 NIP. 19540722 197803 1 002 NIP.19591115 198903 1 002
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Padang
Mata Pelajaran : Menggunakan Perkakas Bertenaga / Operasi Digenggam
Kode Kompetensi : 014 KK 05
Kelas / Semester : XI / 3 dan 4
Alokasi Waktu : 64 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menggunakan perkakas bertenaga / operasi digenggam
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | KKM | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
TM
( Tatap Muka ) | PT
( Penugasan Terstruktur ) | KMTT
(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur) |
- Menjelaskan jenis, fungsi dan cara penggunaan perkakas bertenaga
|
- Perkakas bertenaga yang tepat dipilih menurut keperluan tugas pekerjaan
- Perkakas bertenaga yang tepat digunakan untuk memuat hasil yang diinginkan menurut spesifikasi pekerjaan
|
- Identifikasi macam-macam jenis perkakas tangan bertenaga
- Identifikasi fungsi perkakas tangan bertenaga
- Identifikasi cara penggunaan perkakas tangan bertenaga
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas tentang jenis, fungsi dan cara penggunaan perkakas bertenaga
|
|
- Jenis, fungsi dan cara penggunaan perkakas bertenaga sesuai dengan spesifikasinya
|
75
|
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
|
8X(2X45')
|
- Modul 014 KK 05
Buku paket
|
- Menggunakan macam-macam perkakas bertenaga
|
|
- Identifikasi teknik penggunaan perkakas tangan bertenaga
- Identifikasi prosedur keselamatan selama dan sesudah penggunaan perkakas tangan bertenaga
- Identifikasi teknik mengenali perkakas tangan bertenaga yang rusak
- Identifikasi teknik merawat / mengasah perkakas tangan bertenaga
- Teknik menyimpan perkakas bertenaga
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas menggunakan maca-macam perkakas bertenaga
|
|
- Perbaikan perkakas bertenaga yang rusak atau tidak aman digunakan sesuai dengan prosedur operasi standar
- Perawatan / pengasahan perkakas bertenaga
- Penyimpanan perkakas bertenaga dengan aman dan ditempat yang tepat
|
75
|
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
- Praktek : Job sheet
|
8X(2X45')
|
- Modul 014 KK 05
Buku paket
|
Mengetahui, Padang, Mei 2011
Kepala Sekolah Waka Kurikulum, Ka.Prodi Teknik Pemesinan Guru mata Diklat
Drs.Syofrizal,B.MT Mardanus, S.Pd Drs. Bakhtazar Said Drs. H.Kamal,M.Pd
NIP.19620405 198903 1 008 NIP. 19660409 199103 1 009 NIP. 19540722 197803 1 002 NIP.19620402 198603 1 007
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Padang
Mata Pelajaran : Menginterpretasikan Sketsa
Kode Kompetensi : 014 KK 06
Kelas / Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 40 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menginterpretasikan sketsa
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | KKM | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
TM
( Tatap Muka ) | PT
( Penugasan Terstruktur ) | KMTT
(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur) |
- Menyiapkan sket tangan
|
- Menjelaskan peralatan sket tangan yang dipergunakan
- Menjelaskan macam-macam sket tangan dan penggunaanya sesuai dengan standar operasi
- Menjelaskan cara penggunaan dan perawatan alat-alat sket tangan
|
- Menginterpretasikan informasi tentang persiapan peralatan sket tangan
- Mengidentifikasi peralatam sket tangan
- Melakukan uji coba peralatan sket tangan
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas menyiapkan sket tangan
|
|
- Persiapan penyediaan peralatan sket tangan
- Menggunakan peralatan sket tangan
- Merawat alat-alat sket tangan sesuai dengan standar operasional
|
75
|
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
|
8X(2X45')
|
|
- Mengartikan detil sket tangan
|
- Penulisan huruf dan angka yang sesuai dengan standar operasional
- Konstruksi geometris dengan garis lurus
- Konstruksi geometris dengan garis lengkung
|
- Menggambar macam-macam garis menurut standar operasional
- Menggambar huruf dan angka sesuai dengan standar operasional
- Menggambar macam-macam konstruksi geometris dengan garis lurus
- Menggambar macam-macam konstruksi geometris dengan garis lengkung
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas mengartikan detil sket tangan
|
|
| 75
|
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
|
8x(2x45')
|
|
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Padang
Mata Pelajaran : Membaca Gambar Teknik
Kode Kompetensi : 014 KK 07
Kelas / Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 62 x 45 menit
Standar Kompetensi : Membaca Gambar Teknik
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | KKM | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
TM
( Tatap Muka ) | PT
( Penugasan Terstruktur ) | KMTT
(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur) |
|
|
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas mendeskripsikan gambar teknik
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas memilih teknik gambar yang benar
|
|
|
75
75 |
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
- Teknik : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Esaay
|
4X(4X45')
4X(4X45') |
|
3. Membaca gambar teknik
|
- Pembacaan gambar pandangan
- Pengidentifikasian jumlah benda kerja yang terdapat dalam gambar
- Pengidentifikasian bentuk benda sesuai gambar
- Pengidentifikasian satuan ukuran yang digunakan pada persipan gambar
- Pengidentifikasian ukuran-ukuran dari bentuk utama benda kerja yang tercantum pada gambar
- Pengidentifikasian tanda pengerjaan
- Pengidentifikasian langkah pengerjaan benda sesuai gambar
- Pengidentifikasian bahan benda kerja sesuai gambar
- Pengidentifikasian dan pengertian simbol-simbol yang digunakan pada gambar
|
- Mengerti cara membaca gambar pandangan
- Mengidentifikasijumlah benda kerja yang terdapat dalam gambar
- Mengerti cara membaca gambar pandangan
- Mengidentifikasi bentuk benda sesuai gambar
- Mengidentifikasi satuan ukuran yang digunakan pada persiapan gambar
- Mengidentifikasi ukuran-ukuran dari bentuk utama benda kerja yang tercantum pada gambar
- Mengidentifikasi tanda pengerjaan
- Mengidentifikasi langkah pengerjaan benda sesuai gambar
- Mengidentifikasi bahan benda kerja sesuai gambar
- Mengidentifikasi pengertian simbol-simbol yang digunakan pada gambar
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas membaca gambar teknik
|
|
- Komponen,rakitan atau objek dikenali sesuai dengan permintaan
- Ukuran-ukuran diidentifikasi sesuai dengan bidang pekerjaan
- Instruksi diidentifikasi dan diikuti sesuai dengan permintaan
- Persyaratan material diidentifikasi sesuai dengan permintaan
- Simbol-simbol yang digunakan pada gambar dapat dikenali pada gambar
| 75
|
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
|
8x(4x45')
|
- Buku menggambar teknik mesin standar ISO
|
Mengetahui, Padang, Mei 2011
Kepala Sekolah Waka Kurikulum, Ka.Prodi Teknik Pemesinan Guru mata Diklat
Drs.Syofrizal,B.MT Mardanus, S.Pd Drs. Bakhtazar Said Yusnib,S.Pd
NIP.19620405 198903 1 008 NIP. 19660409 199103 1 009 NIP. 19540722 197803 1 002 NIP. 19610821 198303 1 003
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Padang
Mata Pelajaran : Menggunakan Mesin untuk Operasi Dasar
Kode Kompetensi : 014 KK 08
Kelas / Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 40 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menggunakan mesin untuk operasi dasar
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | KKM | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
TM
( Tatap Muka ) | PT
( Penugasan Terstruktur ) | KMTT
(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur) |
- Menjelaskan cara mengeset mesin
|
|
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas cara mengeset mesin
|
|
- Peralatan presisi yang tepat untuk memperoleh hasil yang dibutuhkan dapat dipilih
- Teknik pengukuran yang benar dan tepat dapat dilakukan
- Pengukuran secara akurat sampai graduasi terkecil dari suatu instrumentasi dapat dilaksanakan
- Hasil pengukuran diinterpretasi secara benar dan akurat
|
75
|
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
|
8X(2X45')
|
- Modul 014 KK 08
- Alat ukur
Benda kerja
|
- Menggerakkan / mengganti material secara manual
|
|
- Mengidentifikasi prosedur pengesetan peralatan pembanding
- Mengidentifikasi spesifikasi peralatan yang akan di set
- Mengidentifikasi perkakas dan peralatan yang digunakan untuk mengeset peralatan pengukur pembanding
- Mengeset peralatan pengukur pembanding
- Mengeset penggunaan alat ukur
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas menggerakkan / mengganti material secara manual
|
|
- Peralatan diset menurut spesifikasi dengan manufaktur atau prosedur operasi standar dan teknik-tekniknya
|
75
|
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
- Praktek : Job sheet
|
8X(2X45')
|
|
Mengetahui, Padang, Mei 2011
Kepala Sekolah Waka Kurikulum, Ka.Prodi Teknik Pemesinan Guru mata Diklat
Drs.Syofrizal,B.MT Mardanus, S.Pd Drs. Bakhtazar Said Drs. Revomansah,M.Pd
NIP.19620405 198903 1 008 NIP. 19660409 199103 1 009 NIP. 19540722 197803 1 002 NIP.19580927 198803 1 003
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Padang
Mata Pelajaran : Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut
Kode Kompetensi : 014 KK 09
Kelas / Semester : XI / 3 dan 4
Alokasi Waktu : 72 x 45 menit
Standar Kompetensi : Melakukan pekerjaan dengan mesin bubut
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | KKM | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
TM
( Tatap Muka ) | PT
( Penugasan Tersruktur ) | KMTT
(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur) |
Memproses bentuk permukaan pendakian
2. Menjelaskan teknik pengoperasian mesin bubut
|
|
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas memproses bentuk permukaan pendakian
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas tentang teknik pengoperasian mesin bubut
|
|
- Gambar teknik, urutan operasi ditentukan dan memilih perkakas untuk untuk menghasilkan komponen sesuai spesifikasi dapat dipahami
- Pekerjaan disiapkan dengan menggunakan alat-alat seperti " dial indicator " dan peralatan pembacaan " digital "
|
75
75
|
Teknik :
Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Essay
- Pengamatan
- Penugasan
Teknik :
Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Essay
- Pengamatan
Penugasan
|
2x(4x45')
2x(4x45') |
- Mesin bubut
- Alat keselamatan kerja
- Modul 014 KK 09
- Job sheet
- Mesin bubut
- Alat ukur
- Benda kerja
|
3. Mengoperasi kan mesin bubut
4. Memeriksa komponen sesuai dengan spesifikasi
|
- Kecepatan putaran mesin
- Kecepatan potong
Kecepatan pemakanan
- Penyetelan kecepatan putar, potong dan kecepatan pemakanan pada mesin
- Pengidentifikasian peralatan cekam dan alat bantu pembubutan
- Penggunaan alat cekam dan alat bantu pembubutan
- Pemeriksaan komponen dan dimensi benda kerja secara visual
- Penggunaan alat ukur untuk memeriksa komponen / benda kerja
|
|
|
| - Kecepatan putar dan kecepatan pemotongan dihitung secara matematis dan sesuai dengan bahan baku yang digunakan
- Semua alat bantu yang ada pada mesin bubut, seperti cekam rahang tiga, cekam rahang empat, senter, pelat pembawa, penyangga, eretan melintang dan kepala lepas dapat digunakan
- Komponen diperiksa untuk kesesuaian dan spesifikasi dengan menggunakan teknik, alat dan peralatan
| 75
75
|
Teknik :
Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
Praktek : Job sheet
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Insrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
|
10x(4x45')
2x(4x45')
|
- Mesin bubut
- Modul 014 KK 09
- Wall Chart
- Perlengkapan mesin bubut
- Alat potong / pahat bubut, dll
Benda kerja
- Bendakerja
Alat ukur
|
Mengetahui, Padang, Mei 2011
Kepala Sekolah Waka Kurikulum, Ka.Prodi Teknik Pemesinan Guru mata Diklat
Drs.Syofrizal,B.MT Mardanus, S.Pd Drs. Bakhtazar Said Drs. Daman Huri,M.Pd
NIP.19620405 198903 1 008 NIP. 19910409 199103 1 009 NIP. 19540722 197803 1 002 NIP.19660913 200012 1 00
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Padang
Mata Pelajaran : Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Frais
Kode Kompetensi : 014 KK 10
Kelas / Semester : XI / 3 dan 4
Alokasi Waktu : 72 x 45 menit
Standar Kompetensi : Melakukan pekerjaan dengan mesin frais
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | KKM | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
TM
( Tatap Muka ) | PT
( Penugasan Terstruktur ) | KMTT
(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur) |
1 Menjelaskan cara pengoperasian mesin frais
|
- Gambar pekerjaan
- Petunjuk pengerjaan
- Kecepatan putaran mesin
- Kecepatan potong
- Kecepatan pemakanan
|
- Memahami gambar pekerjaan
- Memahami petunjuk pengerjaan
- Menentukan kecepatan putaran mesin
- Menentukan kecepatan potong
- Menetukan kecepatan pemakanan
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas tentang cara pengoperasian mesin frais
|
|
- Penentuan bagian dari proses pemilihan alat bantu untuk menghasilkan komponen sesuai spesifikasi dipahami
- Parameter-parameter pemotong ditentukan
|
75
|
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
|
4x(4x45')
|
- Mesin frais
- Alat keselamatan kerja
- Job sheet
Modul 014 KK 10
|
Mengoperasi kan mesin frais
- Mengecek komponen untuk penyesuaian dengan rinciannya
|
|
- Mengefrais rata, alaur dan bertingkat sesuai prosedur
- Memahami macam-macam pisau frais
- Memahami pemilihan pisau frais
- Memahami alat bantu pengefraisan
- Memahami alat pencekam benda kerja
- Memahami alat pembagian benda kerja
- Mengoperasikan mesin frais
- Mengefrais rata, alur dan bertingkat
- Menggunakan alat bantu pengefraisan
- Menggunakan alat pencekam benda kerja
- Menggunakan alat pembagian benda kerja
- Menggunakan alat ukur untuk memeriksa komponen / benda kerja
- Memeriksa komponen dan dimensi benda kerja secara visual
- Memeriksa komponen / benda kerja
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas mengoperasikan mesin frais
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas mengecek komponen untuk penyesuaian dengan rinciannya
|
|
- Operasi mesin frais dilakukan untuk memproduksi komponen-komponen sesuai spesifikasi
- Pengoperasian dilaksanakan menggunakan teknik konvensional atau memfrais menanjak serta variasi dari pisau frais termasuk slab, gang, end, shell slot, form, slitting
- Seluruh aksesoris standar digunakan, termasukkepala pembagi dan rotary table (meja putar)
- Komponen diperiksa kesesuaiannya terhadap spesifikasi menggunakan teknik, alat-alat dan peralatan yang tepat
| 75
75
|
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
- Praktek : Job Sheet
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
- Praktek : Job sheet
|
10x(4x45')
2x(4x45')
|
- Mesin frais
- Alat keselamatan kerja
- Job sheet
Modul 014 KK 10
- Mesin frais
- Alat keselamatan kerja
- Job sheet
- Modul 014 KK 10
- Alat ukur
|
Mengetahui, Padang, Mei 2011
Kepala Sekolah Waka Kurikulum, Ka.Prodi Teknik Pemesinan Guru mata Diklat
Drs.Syofrizal,B.MT Mardanus, S.Pd Drs. Bakhtazar Said Drs. H.Kamal,M.Pd
NIP.19620405 198903 1 008 NIP. 19660409 199103 1 009 NIP. 19540722 197803 1 002 NIP. 19620402 198603 1 007
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Padang
Mata Pelajaran : Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Gerinda
Kode Kompetensi : 014 KK 11
Kelas / Semester : XI / 3
Alokasi Waktu : 40 x 45 menit
Standar Kompetensi : Melakukan pekerjaan dengan mesin gerinda
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | KKM | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
TM
( Tatap Muka ) | PT
( Penugasan Tersruktur ) | KMTT
(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur) |
1.Menentukan kebutuhan kerja
|
- Penerapan langkah kerja penggerindaan muka dan silinder sesuai dengan prosedur kerja
- Pemilihan alat cekam berdasarkan spesifikasi dan prosedur operasi standar
| - Mengikuti prosedur kerja, spesifikasi pengerjaan
- Memilih alat cekam yang sesuai spesifikasi dan prosedur operasi standar
Memahami :
- gambar kerja
- instruksi kerja
- spesifikasi
- Memahami pemilihan alat cekam pada mesin gerinda muka dan standar
- Menentukan langkah kerja
- Memilih alat cekam
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas tentang kebutuhan kerja
|
|
- Memilih cekam yang sesuai dan benar
- Merancang persyaratan kerja dan urutan langkah kerja
|
75 |
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
Penugasan
|
2x(2x45')
| - Mesin gerinda
- Job sheet
- Benda kerja
- Perlengkapan mesin gerinda
- Modul 014 KK 11
|
Memilih roda gerinda dan perlengkapan nya
3. Menjelaskan cara pengoperasian mesin gerinda
| - Pemilihan batu gerinda
- Pengasahan batu gerinda
- Pemilihan alat sesuai dengan prosedur operasi standar
| - Mengikuti prosedur operasi standar pemilihan dan pengasahan batu gerinda
- Mengerti spesifikasi batu gerinda
- Mengasah batu gerinda
- Memilih perlengkapan pengasah gerinda
- Memilih batu gerinda
- Mengasah batu gerinda
Memilih perlengkapan
- Memeriksa dilaku-kan mengikuti prosedur operasi standar
- Bekerja sesuai dengan prosedur keselamatan kerja
- Memeriksa Sistem pendinginan
- Memeriksa Sistem pelapisan
- Memeriksa alat-alat keselamatan kerja
- Memperhatikan Prosedur keselamatan kerja, operasi penggerindaan muka dan silinder
- Memeriksa pen-dingin dan pelapis
- Menggunakan alat keselamatan kerja
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas memilih roda gerinda dan perlengkapannya
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas tentang cara pengoperasian mesin gerinda
|
| | 75
75 | - Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
Praktek : Job sheet
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
Penugasan
|
2x(2x45')
2x(2x45')
| |
4. Mengoperasi kan gerinda
5. Memeriksa komponen-komponen untuk kesesuaian secara spesifik
| - Pemeriksaan komponen
- Penggunaan alat-alat ukur
- Pemeriksaan sesuai dengan spesifikasi dan prosedur operasi standar
| - Memperhatikan Prosedur keselamatan kerja, operasi penggerindaan muka dan silinder
- Memeriksa pen-dingin dan pelapis
- Menggunakan alat keselamatan kerja
- Melaksanakan kerja sesuai dengan spesifikasi dan prosedur operasi standar menggerinda permukaan
- Melaksanakan kerja sesuai dengan spesifikasi dan prosedur operasi standar menggerinda luar dan dalam
Melaksanakan sesuai dengan spesifikasi prosedur operasi standar
- menggerinda tanpa senter
- Menggerinda permukaan
- Menggerinda silinder luar dan dalam
- Menggerinda tanpa senter
- Melaksanakan sesuai dengan spesifikasi dan prosedur operasi standar
Mengetahui :
-Pemeriksaan komponen
-Penggunaan alat-alat ukur
-Sesuai dengan spesi-fikasi dan prosedur operasi standar
- Memeriksa komponen-komponen yang sesuai dengan spesifikasi
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas mengoperasikan gerinda
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas memeriksa komponen-komponen untuk kesesuaian secara spesifik
|
| | 75
75 | - Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
Praktek : Job sheet
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
- Praktek : Job sheet
|
8x(2x45')
2x(2x45')
| - Macam-macam batu gerinda
- Perlengkapan mesin gerinda
Benda kerja
- Alat ukur
- Benda kerja
|
Mengetahui, Padang, Mei 2011
Kepala Sekolah Waka Kurikulum, Ka.Prodi Teknik Pemesinan Guru mata Diklat
Drs.Syofrizal,B.MT Mardanus, S.Pd Drs. Bakhtazar Said Drs.Zainal Yacub
NIP.19620405 198903 1 008 NIP. 19660409 199103 1 009 NIP. 19540722 197803 1 002 NIP.19530228 197903 1 006
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Padang
Mata Pelajaran : Menggunakan Mesin Bubut ( Kompleks )
Kode Kompetensi : 014 KK 12
Kelas / Semester : XII / 5 dan 6
Alokasi Waktu : 140 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menggunakan mesin bubut ( Kompleks )
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | KKM | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
TM
( Tatap Muka ) | PT
( Penugasan Tersruktur ) | KMTT
(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur) |
1. Melakukan persiapan kerja secara tepat
2. Mengikuti sisipan identifikasi dari organisasi standar internasional atau standar lain yang sesuai
| | - Memahami persyaratan kerja
- Memahami persiapan kerja
- Memahami peralatan kerja
- Menyiapkan peralatan kerja
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas tentang persiapan kerja secara tepat
|
|
- Memilih alat potong yang tepat untuk berbagai pekerjaan
- Mengidentifikasi peralatan bantu, alat ukur presisi, dial indikator dan lain-lain
|
75
75 | - Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Essay
- Pengamatan
Penugasan
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
|
2x(4x45')
4x(4x45')
|
|
- Melakukan berbagai macam pembubutan
| | |
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas melakukan berbagai macam pembubutan
|
| - Menghitung kecepatan putaran mesin
- Mengatur kecepatan putaran mesin
- Menghitung kecepatan pemakanan
- Menyetel kecepatan pemakanan
- Menghitung ketebalan pemakanan
- Melaksanakan pembubutan benda dengan bentuk kompleks
| 75
| - Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
- Praktek / Produk : Job Sheet
|
12x(4x45')
| - Modul 014.KK.12
- Buku Alat-alat perkakas jilid 3 (Harun)
- Mesin bubut dan kelengkapan nya
- Benda kerja
- Peralatan kunci penunjang mesin bubut
|
Mengetahui, Padang, Mei 2011
Kepala Sekolah Waka Kurikulum, Ka.Prodi Teknik Pemesinan Guru mata Diklat
Drs.Syofrizal,B.MT Mardanus, S.Pd Drs. Bakhtazar Said Drs. Bakhtazar Said
NIP.19620405 198903 1 008 NIP. 19660409 199103 1 009 NIP. 19540722 197803 1 002 NIP. 19540722 197803 1 002
.
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Padang
Mata Pelajaran : Memfrais ( Kompleks )
Kode Kompetensi : 014 KK 13
Kelas / Semester : XII / 5 dan 6
Alokasi Waktu : 140 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memfrais ( Kompleks )
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | KKM | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
TM
( Tatap Muka ) | PT
( Penugasan Terstruktur ) | KMTT
(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur) |
1. Memasang benda kerja
2. Mengenali insert menurut standar ISO
|
- Perencanaan kerja
- Penyiapan alat bantu pengefraisan yang sesuai
- Penggunaan alat cekam benda kerja
- Pemilihan alat potong
- Pemasangan alat potong
- Pemeliharaan alat potong
|
- Memahami perencanaan kerja
- Memahami penggunaan alat cekam benda kerja
- Memahami penyiapan alat ukur
- Memahami penyiapan alat bantu pengefraisan yang sesuai
Memasang benda kerja
- Memahami macam-macam alat potong
- Memahami pemilihan alat potong
- Memahami pemasangan alat potong
- Memasang alat potong
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas pemasangan benda kerja
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas mengenali insert menurut standar ISO
|
|
- Benda kerja diatur sesuai dengan tingkat kepresisian yang dibutuhkan dengan menggunakan alat bantu seperti dial indikator dan sine bars
- Alat yang tepat dipilih untuk menyesuaikan parameter pemotongan
|
75
75 |
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
- Praktek : Job Sheet
- Teknik : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Esaay
- Praktek : Job Sheet
|
4x(4x45')
2x(4x45')
|
- Benda kerja
- Peralatan penunjang mesin frais
- Mesin frais
- Alat ukur
- Dial indikator
- Sine bars
- Cutter potong
- Mesin frais universal
|
3.Melakukan pengefraisan benda rumit
|
- Pengefraisan rack dan gear
- Pengefraisan helix
- Penggunaan kepala pembagi
- Penggunaan alat bantu pengefraisan lainnya
|
- Melaksanakan pengefraisan
- Memahami perhitungan pembuatan rack dan gear
- Memahami pengefraisan rack dan gear
- Memahami perhitungan pengefraisan helix
- Memahami pengefraisan helix
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas pengefraisan benda rumit
|
|
- Memfrais rack dan gear disertai perhitungannya
- Pengefraisan helix dengan perhitungannya dan pengaturan gear train yang sesuai dapat dilakukan
- Pengefraisan benda presisi yang rumit menggunakan meja universal dan kepala pembagi differensial
| 75
|
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
- Praktek / Produk : Job Sheet
|
10x(4x45')
|
- Benda kerja
- Job sheet
- Buku alat-alat perkakas
- Modul 014.KK.13
- Alat bantu mesin frais
- Alat bantu pengefraisan
- Kunci penunjang
|
Mengetahui, Padang, Mei 2011
Kepala Sekolah Waka Kurikulum, Ka.Prodi Teknik Pemesinan Guru mata Diklat
Drs.Syofrizal,B.MT Mardanus, S.Pd Drs. Bakhtazar Said Drs.Zainal Yacub
NIP.19620405 198903 1 008 NIP. 19660409 199103 1 009 NIP. 19540722 197803 1 002 NIP.19530228 197903 1 006
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Padang
Mata Pelajaran : Menggerinda Pahat dan Alat Potong
Kode Kompetensi : 014 KK 14
Kelas / Semester : XII / 5
Alokasi Waktu : 30 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menggerinda pahat dan alat potong
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | KKM | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
TM
( Tatap Muka ) | PT
( Penugasan Terstruktur ) | KMTT
(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur) |
Menetapkan persyaratan pekerjaan
- Memilih alat dan roda gerinda pemotong dan perlengkapan yang sesuai
|
|
- Memahami persyaratan kerja dengan menggunakan mesin gerinda
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas menetapkan persyaratan kerja
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas tentang pemilihan alat dan roda gerinda pemotong dan perlengkapan yang sesuai
|
|
- Gambar dan susunan pelaksanaan langkah kerja dapat dipahami
- Alat dan roda gerinda pemotong dipilih, atas dasar pengetahuan pada stuktur roda gerinda, penyeimbangan dan pengasahan
- Perlengkapan dipilih untuk fasilitas produksi pada spesifikasi
|
75
75
|
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
- Praktek
|
2x(2x45')
4x(2x45')
|
- Manual mesin gerinda
- Modul 014 KK 14
|
Menggerinda pahat dan alat potong
- Memeriksa komponen sesuai dengan spesifikasi
|
- Pengasahan alat potong dengan menggunakan mesin gerinda
- Penggerindaan bentuk paralel dalam / luar
- Penggerindaan bentuk sudut luar dan dalam
- Pemeriksaan komponen dan dimensi benda kerja secara visual
- Penggunaan alat ukur untuk memeriksa komponen / benda
|
- Menggunakan mesin gerinda dalam mengasah alat potong sesuai prosedur
- Memahami cara mengasah alat potong dengan menggunakan mesin gerinda
- Memahami cara menggerinda bentuk paralel dalam / luar
- Memahami cara menggerinda bentuk sudut luar dan dalam
- Melaksanakan pengasahan alat potong dengan menggunakan mesin gerinda
- Menggerinda bentuk paralel dalam / luar
- Menggerinda bentuk sudut luar dan dalam
- Menggunakan alat ukur untuk memeriksa komponen / benda kerja
- Memeriksa komponen dimensi benda kerja secara visual
- Memeriksa komponen / benda kerja
|
|
|
| 75
75
|
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
- Praktek : Job Sheet
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
|
8x(2x45')
2x(2x45')
|
- Alat ukur presisi
- Rugho test
- Gambar kerja standar
- Modul 014 KK 14
|
Mengetahui, Padang, Mei 2011
Kepala Sekolah Waka Kurikulum, Ka.Prodi Teknik Pemesinan Guru mata Diklat
Drs.Syofrizal,B.MT Mardanus, S.Pd Drs. Bakhtazar Said Drs.Zainal Yacub
NIP.19620405 198903 1 008 NIP. 19660409 199103 1 009 NIP. 19540722 197803 1 002 NIP.19530228 197903 1 006
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Padang
Mata Pelajaran : Mengeset Mesin dan Program Mesin NC / CNC ( Dasar )
Kode Kompetensi : 014 KK 15
Kelas / Semester : XI / 3
Alokasi Waktu : 72 x 45 menit
Standar Kompetensi : Mengeset mesin dan program mesin NC / CNC ( Dasar )
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | KKM | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
TM
( Tatap Muka ) | PT
( Penugasan Tersruktur ) | KMTT
(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur) |
Memahami instruksi kerja
2. Memasang fixture / perlengkapan / alat pemegang
|
|
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas tentang instruksi kerja
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas memasang fixture / perlengkapan / alat pemegang
|
|
- Lembar kerja dan dokumen sejenis lainnya dipahami dan diikuti
- Program NC / CNC yang dimasukkan, dipilih dan diresifikasi sesuai dengan instruksi kerja
- Perkakas untuk pengesetan awal dipasang pada mesin sesuai tuntutan
- Fixture / perlengkapan / pencekam diatur pada mesin berdasarkan tuntutanmengguna kan prosedur operasi standar
- Pengaturan tool offset atau data diidentifikasi / dipasti kan terhadap lembar kerja menggunakan prosedur operasi standar
|
75
75
|
Teknik :
Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Essay
- Pengamatan
- Penugasan
Praktek : Job sheet
Teknik :
Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Essay
- Pengamatan
- Penugasan
Praktek : Job sheet
|
2x(4x45')
4x(4x45')
|
- Mesin CNC dan kelengkapan nya
- Modul 014 KK 15
- Alat ukur
- Job sheet
- Benda kerja
- Mesin CNC dan Kelengkapan nya
- Modul 014 KK 15
- Alat ukur
- Job sheet
Benda kerja
|
3. Melakukan pemeriksaan awal
Melakukan pengaturan mesin NC/CNC ( Numerical Control / Computer Numerical Control )
|
- Pengaturan operasional mesin dan spesifikasi
- Penunjukkan contoh hasil produksi sesuai standar
|
- Memahami istilah-istilah pada mesin NC / CNC
- Memahami prosedur keselamatan kerja
- Memeriksa alat keselamatan kerja, operasi penggerindaan muka dan silinder
- Memeriksa pendingin dan pelapis
- Menggunakan alat keselamatan kerja
- Mengenal tombol-tombol dan istilah-istilah
- Mengerti bahwa jangan menjalankan mesin tanpa didampingi supervisor / instruktur
- Memahami gambar kerja
- Memahami pengaturan operasional mesin dan spesifikasi
- Memahami contoh produksi sesuai spesifikasi dan standar
- Melakukan pengaturan operasional mesin dan spesifikasi
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas melakukan pemeriksaan awal
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas melakukan pengaturan mesin NC / CNC (Numerical Control / Computer Numerical Control)
|
|
- Tanggung jawab pemeriksaan awal berdasarkan prosedur operasi standar dilakukan
- Prosedur keselamatan kerja dan perlengakapan operasi diamati dan diperiksa dengan tepat
- Pengaturan / penyesuaian mesin disesuaikan dengan persyaratan operasional dan spesifikasi
- Contoh produksi diperiksa sesuai spesifikasi menggunakan prosedur operasi standar
| 75
75
|
Teknik :
Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
Praktek : Job sheet
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Insrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
- Praktek : Job sheet
|
2x(4x45')
4x(4x45')
|
- Mesin CNC dan kelengkapannya
- Modul 014 KK 15
- Alat ukur
- Job sheet
- Benda kerja
- Mesin CNC dan kelengkapannya
- Modul 014 KK 15
- Alat ukur
- Job sheet
- Benda kerja
|
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | KKM | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
TM
( Tatap Muka ) | PT
( Penugasan Tersruktur ) | KMTT
(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur) |
- Menginstruksi operator mesin
Mengganti tooling yang retak / rusak
|
- Intruksi tentang operasi, prosedur keamanan kerja dan prosedur operasi standar
|
- Memahami prosedur keselamatan kerja
- Memahami cara memberikan instruksi
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas tentang operator mesin
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas memasang fixture / perlengkapan / alat pemegang
|
|
- Operator diberi instruksi untuk memastikan bahwa prosedur dan peralatan keselamatan kerja ada ditempat kerja
- Preset tool diganti, tool offset disesuaikan atau diperbaiki berdasarkan prosedur operasi standar
|
75
75
|
Teknik :
Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Essay
- Pengamatan
- Penugasan
Teknik :
Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Essay
- Pengamatan
Penugasan
|
1x(4x45')
3x(4x45')
|
- Modul 014 KK 15
- Tool set
- Mesin CNC TU 2A
- Mesin CNC TU 3A
- Seperangkat kunci penunjang
|
Mengetahui, Padang, Mei 2011
Kepala Sekolah Waka Kurikulum, Ka.Prodi Teknik Pemesinan Guru mata Diklat
Drs.Syofrizal,B.MT Mardanus, S.Pd Drs. Bakhtazar Said Drs. Bakhtazar Said
NIP.19620405 198903 1 008 NIP. 19660409 199103 1 009 NIP. 19540722 197803 1 002 NIP. 19540722 197803 1 002
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Padang
Mata Pelajaran : Memprogram Mesin NC / CNC ( Dasar )
Kode Kompetensi : 014 KK 16
Kelas / Semester : XI / 5
Alokasi Waktu : 40 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memprogram mesin NC / CNC ( Dasar )
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJ `ARAN | INDIKATOR | KKM | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
TM
( Tatap Muka ) | PT
( Penugasan Tersruktur ) | KMTT
(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur) |
Mengenal bagian-bagian program mesin NC/CNC
2. Menulis program mesin NC/CNC
|
|
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas mengenal bagian-bagian program mesin NC/CNC
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas menulis program mesin NC/CNC
|
|
- Gambar teknik dan memahami arti fungsi dasar mesin dan bentuk-bentuk gerakan perkakas dapat dimengerti
- Koordinat dihitung untuk lintasan perkakas sederhana atau fungsi dasar permesinan
- Program dalam standar KODE KOMPETENSI format yang sesuai dengan prosedur operasi standar
|
75
75
|
Teknik :
Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Essay
- Pengamatan
Penugasan
Teknik :
Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Essay
- Pengamatan
Penugasan
|
3x(2x45')
4x(2x45') |
- Contoh program CNC
- Modul CNC
- Buku CNC TU.2A dan TU.3A
- Job sheet
- Contoh program CNC
- Simulator CNC TU.2A dan TU.3A
- Mesin CNC TU.2A dan TU.3A
|
3. Melaksanakan lembar penulisan operasi NC/CNC
- Menguji coba program
|
- Penulisan informasi dalam lembar operasi NC/CNC
- Pengoperasian mesin NC / CNC sesuai manual
- Pengeditan program NC / CNC sesuai standar prosedur
- Pemeriksaan komponen mesin
|
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas melaksanakan lembar penulisan operasi NC/CNC
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas menguji coba program
|
|
- Lembar operasi dihasilkan sesuai dengan spesifikasi berdasarkan dengan prosedur operasi standar
- Mesin dioperasikan dengan cara manual untuk menge-test dan membuktikan program sesuai persyaratan
- Program diedit untuk penyetelan operasi sesuai persyaratan
- Komponen-komponen diperiksa untuk kesesuaian terhadap spesifikasi sesuai persyaratan
| 75
75
|
Teknik :
Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
Penugasan
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Insrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
Praktek : Job sheet
|
3x(2x45')
6x(2x45')
|
|
Mengetahui, Padang, Mei 2011
Kepala Sekolah Waka Kurikulum, Ka.Prodi Teknik Pemesinan Guru mata Diklat
Drs.Syofrizal,B.MT Mardanus, S.Pd Drs. Bakhtazar Said Drs. Bakhtazar Said
NIP.19620405 198903 1 008 NIP. 19660409 199103 1 009 NIP. 19540722 197803 1 002 NIP. 19540722 197803 1 002
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Padang
Mata Pelajaran : Mengoperasikan Mesin NC / CNC ( Dasar )
Kode Kompetensi : 014 KK 17
Kelas / Semester : XII / 6
Alokasi Waktu : 72 x 45 menit
Standar Kompetensi : Mengoperasikan mesin NC / CNC ( Dasar )
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | KKM | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
TM
( Tatap Muka ) | PT
( Penugasan Tersruktur ) | KMTT
(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur) |
Memahami instruksi kerja
2. Melakukan pemeriksaan awal
|
Instruksi kerja
- Pemeriksaan awal
- Keselamatan dan kesehatan kerja
|
- Memahami pemeriksaan awal
- Memahami keselamatan dan kesehatan kerja
- Melaksanakan pemeriksaan awal
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas tentang instruksi kerja
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas melakukan pemeriksaan awal
|
|
- Lembar kerja atau perintah sejenis dapat dipahami dan diterapkan
- Pemeriksaan awal dilakukan sesuai prosedur operasi standar
- Prosedur keselamatan kerja diamati dan peralatan keselamatan kerja untuk operasional diperiksa
|
75
75
|
Teknik :
Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Essay
- Pengamatan
- Penugasan
Teknik :
Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Essay
- Pengamatan
- Penugasan
Praktek : Job sheet
|
2x(4x45')
2x(4x45')
|
- Modul 014 KK 15
Alat keselamatan kerja
|
3. Mengoperasi kan mesin NC / CNC
|
- Pemeriksaan program mesin NC / CNC
- Pengoperasian mesin NC / CNC berdasarkan prosedur operasi standar
- Pengidentifikasian kesalahan fungsi mesin yang terdeteksi berdasarkan prosedur operasi standar
- Pemeriksaan benda hasil pekerjaan
|
- Mengoperasikan mesin NC / CNC berdasarkan prosedur operasi standar
- Memahami cara memeriksa program NC / CNC
- Mengidentifikasi kesalahan fungsi mesin beradasarkan prosedur operasi standar
- Memahami pemeriksaan benda hasil pekerjaan
- Mengoperasikan mesin NC / CNC beradasarkan prosedur operasi standar
- Melaksanakan pemeriksaan benda hasil pekerjaan
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas Mengoperasikan mesin NC / CNC
|
|
- Program NC / CNC yang terpasang dengan instruksi kerja dipilih dan dipastikan pemakaiannya
- Mesin NC / CNC dioperasikan dengan aman untuk membuat produk sesuai dengan spesifikasi menurut prosedur operasi standar
- Kesalahan fungsi mesin diidentifikasi dan dilaporkan
- Pemeriksaan contoh benda yang diproduksi untuk pemeriksaan berdasarkan operasi standar
| 75
|
Teknik :
Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Esaay
- Pengamatan
- Penugasan
Praktek : Job sheet
|
10x(4x45')
|
- Mesin CNC TU 2A dan TU 3A
- Modul 014 KK 17
- Job sheet
- Benda kerja yang sudah jadi
|
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | KKM | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
TM
( Tatap Muka ) | PT
( Penugasan Tersruktur ) | KMTT
(Keg.Mandiri Tdk Tersruktur) |
4. Mengawasi kerja mesin / proses NC / CNC
|
- Pengawasan keausan alat
- Penggantian perkakas
- Pengidentifikasian tools offset
- Perbaikan kesalahan
- Deviasi benda hasil pekerjaan
|
- Memahami keausan alat
- Memahami penggantian perkakas
- Mengidentifikasi tools offset
- Memahami perbaikan kesalahan program
- Memahami deviasi benda hasil pekerjaan
- Mengganti perkakas
- Memperbaiki kesalahan program dan penyetelan alat
|
- Meringkas materi yang telah dipelajari dengan format yang disediakan guru
- Mengerjakan tugas mengawasi kerja mesin / proses NC / CNC
|
|
- Keausan alat, dan bila diperlukan, penggantian perkakas mengidentifikasi tools offset pada program NC / CNC dan disesuaikan atau tindakan koreksi lainnya berdasarkan prosedur operasi standar dapat diawasi
- Deviasi produk dari spesifikasi dilaporkan berdasarkan prosedur operasi standar dapat dilaporkan
|
75
|
Teknik :
Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Essay
- Pengamatan
- Penugasan
|
2x(4x45')
|
- Modul 014 KK 17
- Mesin CNC TU 2A dan TU 3A
Tool set TU 2A dan TU 3A
|
Mengetahui, Padang, Mei 2011
Kepala Sekolah Waka Kurikulum, Ka.Prodi Teknik Pemesinan Guru mata Diklat
Drs.Syofrizal,B.MT Mardanus, S.Pd Drs. Bakhtazar Said Drs. Bakhtazar Said
NIP.19620405 198903 1 008 NIP. 19660409 199103 1 009 NIP. 19540722 197803 1 002 NIP. 19540722 197803 1 002
Posted in:
0 komentar:
Posting Komentar